Penutupan Training Manajemen Sukses di Matematika (TMSM) Angkatan VIII Jurusan Matematika FMIPA UNM Tahun 2021/2022

Kegiatan TMSM (Training Manajemen Sukses di Matematika) untuk mahasiswa Jurusan Matematika angkatan 2021 resmi ditutup pada tanggal 21 Mei 2022. Penutupan ini dilaksanakan secara daring melalui zoom virtual. Kegiatan ini diawali dengan penyampaian laporan pelaksanaan kegiatan TMSM oleh bapak Muh. Husnul Khuluq, S.Pd., M.Sc. selaku Koordinator TMSM. Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari bapak Dr. Awi Dassa, M.Si. selaku Wakil Dekan I FMIPA dan bapak Dr. Asdar, S.Pd., M.Pd. selaku Ketua Jurusan Matematika.

Kegiatan TMSM bertujuan untuk adaptasi mahasiswa dengan dunia kampus dan pemberian bekal berupa softskill dan pengembangan diri sehingga mahasiswa Jurusan Matematika dapat sukses di matematika serta siap terjun di masyarakat sebagai lulusan matematika yang berakhlak mulia dan berprestasi. Di dalam pelaporannya, bapak Muh. Husnul Khuluq menyampaikan bahwa “Kegiatan TMSM diselenggarakan dalam dua tahap, di antaranya tahap pertama dilaksanakan sebanyak sepuluh kali pertemuan yang berpusat pada orientasi dunia kampus dan tentu saja aspek keagamaan, dan tahap kedua dilaksanakan sebanyak sembilan kali pertemuan yang berfokus pada pengembangan diri dan softskill mahasiswa.”

Kegiatan TMSM angkatan VIII ini mengusung tema “Mewujudkan Generasi Matematika yang Berakhlak Mulia dan Berprestasi,” yang dirangkaikan dengan kegiatan mentoring untuk setiap mahasiswa baru di Jurusan Matematika agar dapat membaca Al-Qur’an sesuai dengan tajwid yang benar serta menghafal Al-Qur’an khususnya Juz 30. Tujuannya agar mahasiswa Jurusan Matematika tidak hanya cerdas secara intelektual, melainkan juga cerdas secara rohaniah. Tidak hanya untuk mahasiswa muslim saja, melainkan mahasiswa nonmuslim pun turut terlibat dalam kegiatan TMSM ini. Sebab, di setiap pertemuan disajikan materi-materi tentang self development yang dapat membawa mahasiswa Jurusan Matematika untuk sukses di matematika sebagai pribadi yang unggul dan berakhlak mulia.

Setelah penutupan ini diharapkan agar mahasiswa Jurusan Matematika dapat mengaplikasikan segala ilmu yang telah diperoleh selama kegiatan TMSM berlangsung dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, juga diharapkan agar kegiatan TMSM ini dapat menjadi cikal bakal lahirnya generasi unggul dari Jurusan Matematika FMIPA UNM yang tidak hanya sukses di matematika, tetapi juga siap terjun di masyarakat sebagai lulusan matematika yang berakhlak mulia dan berprestasi bagi bangsa dan negara.

Translate »