Desa Binaan KKN Tematik Jurusan Matematika UNM Terima Sertifikat Usaha UMKM dari Kemenko Maritim dan Investasi RI

KKN Tematik UNM 2021, pada 16 Juli hingga 25 Oktober 2021 memberikan dampak positif bagi desa binaannya. Hal ini dibuktikan dengan adanya penerimaan sertifikat usaha UMKM dari Kemenko Maritim dan Investasi Republik Indonesia tanggal 9 Februari 2022 pada Desa Rea, desa binaan KKN Tematik UNM 2021.

Kegiatan KKN Tematik UNM 2021 yang bertemakan “Pemulihan Kualitas Pendidikan dan Peningkatan Kepedulian di Desa Rea” memiliki beberapa program kerja. Salah satunya yakni ekonomi kreatif. Program tersebut ternyata ditindak lanjuti dengan serius oleh warga Desa Rea hingga akhirnya mendapatkan sertifikat usaha UMKM.

Program ekonomi kreatif ini diawali dengan seminar kewirausahaan dengan tema “Meningkatkan Strategi Pemasaran di Era Digital” yang dilaksanakan pada 20 September 2021. Sebagai tindak lanjut program ekonomi kretif, KKN Tematik UNM 2021 membentuk Komunitas Ekonomi Kreatif Polewali Mandar. Komunitas ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mengembangkan usaha dengan membentuk kelompok usaha yang dimulai di Desa Rea. Selain itu, komunitas ini membantu masyarakat dalam mempertahankan kualitas produk dari UMKM yang ada di Polewali Mandar.

Program ini membentuk dua kelompok usaha, yakni kelompok usaha produk abon ikan Gowes Pantai di Dusun Bajoe dan kelompok usaha produk gula aren di Dusun Rea Timur.

Tidak hanya membentuk kelompok usaha dan melakukan pelatihan pembuatan produk, KKN Tematik UNM 2021 turut membantu masyarakat Desa Rea dalam pengurusan perizinan usaha dan label halal produk di Dinas Perdagangan dan Perindustrian Polewali Mandar.

Berkat program ekonomi kreatif ini, Desa Rea pun menerima sertifikat usaha UMKM dari Kemenko Maritim dan Investasi Republik Indonesia dalam acara Pelatihan Peningkatan dan Pengembangan Jaringan Usaha Pelaku UMKM. Tak hanya sampai pada pencapaian tersebut, harapan kedepannya, kegiatan kelompok usaha ekonomi kreatif dapat menjadi kegiatan yang sustainable  dan bermanfaat bagi masyarakat Desa Rea, serta menjadi contoh bagi desa lainnya.

Translate »