GUEST LECTURE DIASPORA SERIES 2021: INVERSE PROPERTIES OF BANDED TOEPLITZ MATRIX

Jurusan Matematika menggelar kuliah tamu Diaspora seri 2021 secara virtual pada Rabu, 27 Oktober 2021 dengan menghadirkan Bapak Yogi Ahmad Erlangga, Ph.D, dari Zayed University, United Arab Emirates sebagai narasumber. Pada kuliah tamu tersebut, Pak Yogi membawakan perkuliahan dengan judul Inverse Properties of Banded Teoplitz Matrix.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas FMIPA UNM, dan Ketua Jurusan Matematika FMIPA UNM serta peserta dari berbagai kalangan civitas akademik baik dari dalam negeri maupun luar negeri seperti University of Technology Malaysia dan Abdullah Gul University, Turki. Kegiatan ini dimoderatori oleh Bapak Muhammad Ammar Naufal, Ph.D yang merupakan salah satu dosen Jurusan Matematika FMIPA UNM.

Kuliah tamu Diaspora bertujuan untuk memperkenalkan informasi matematika baru dan pengembangan keilmuan didalam negeri maupun dunia. Dari topic yang diangkat dalam kuliah tamu kali ini, Banded Toeplitz Matrix menyajikan perspektif baru bagi civitas akademika Matematika UNM dalam hal pengkajian matematika, utamanya dalam hal keilmuan matematika (pure mathematics).

“Mudah-mudahan (kegiatan Guest Lecture Diaspora Series 2021) bisa menjadi motivasi karena banyak hal-hal yang sifatnya open problems, dan mungkin ada mahasiwa dari S1, S2, maupun S3 yang berminat melanjutkan mengisi kekosongan-kekosongan yang ditemukan (dalam topik Banded Toeplitz Matrix)” ucap Bapak Yogi sebelum memulai materi.

Bapak Yogi juga memberikan kunci dalam proses pemecahan masalah yaitu dengan mem-break down masalah lalu memformulasikan pertanyaan yang relevan. Hal ini bertujuan agar kita dapat menyelesaikan masalah dengan step-by-step atau secara sistematis.

Selanjutnya kegiatan ini tutup oleh antusias dari peserta Guest Lecture dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang menarik untuk didiskusikan.

Translate »