Jurusan Matematika FMIPA UNM Adakan Webinar Teknologi Pembelajaran Bekerja Sama Dengan Casio Education Indonesia

Jurusan Matematika FMIPA UNM bekerja sama dengan Casio Education Indonesia dalam menggelar webinar “Casio Teknologi Untuk Pembelajaran dan Pengembangannya.” Webinar ini diselenggarakan secara daring melalui zoom virtual pada Sabtu, 16 Oktober 2021. Kegiatan webinar dibuka oleh bapak Suwardi Annas, Ph.D selaku Dekan FMIPA UNM dan dihadiri oleh Wakil Dekan 1 Jurusan Matematika FMIPA UNM, Ketua Jurusan Matematika FMIPA UNM, para dosen Jurusan Matematika FMIPA UNM, serta mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNM. Webinar ini juga menghadirkan main speaker berpengalaman Ibu Pientha G. Amanti selaku perwakilan Casio Education Indonesia.

Kegiatan Webinar “Casio Teknologi, untuk Pembelajaran dan Pengembangannya” bertujuan untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif dan efisien, serta meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dalam sambutannya, bapak Suwardi Annas, Ph.D. berharap bahwa melalui webinar ini mahasiswa serta dosen di Jurusan Matematika FMIPA UNM dapat memaksimalkan penggunaan hardware maupun software berupa digital calculator yang ditawarkan oleh Casio Education Indonesia sehingga dapat memudahkan dalam proses pembelajaran khususnya dalam kondisi daring terlebih di pembelajaran matematika.

“Kalkulator tidak hanya digunakan untuk berhitung dengan cepat, tetapi juga digunakan sebagai alat bantu siswa dalam mengeksplorasi sehingga pemahaman konsep tentang matematika yang dimiliki siswa akan semakin dalam,” ungkap ibu Pientha G. Amanti selaku narasumber dalam webinar ini.

Beliau menjelaskan bahwa ada empat kegunaan kalkulator di kelas, yaitu sebagai representasi, komputasi, afirmasi, dan eksplorasi konsep matemaatika. Beliau juga mencontohkan bagaimana kalkulator digunakan di sekolah-sekolah internasional seperti Thailand yang menggunakan kalkulator sebagai salah satu bahan dalam proses pembelajaran guna membantu siswa untuk memahami konsep matematika melalui eksplorasi dengan kalkulator utamanya scientific calculator.

Selain itu, dalam webinar ini, pemateri juga mendemonstrasikan cara menggunakan software dari kalkulator Casio Classwiz. Penggunaan kalkulator scientific dalam proses pembelajaran sebenarnya juga telah diimplementasikan oleh beberapa dosen dari Jurusan Matematika FMIPA UNM, utamanya pada mata kuliah seperti metode numerik dan mata kuliah-mata kuliah statistika baik dalam pembelajaran maupun ujian.

Webinar “Casio Teknologi Untuk Pembelajaran dan Pengembangannya” disambut dengan penuh antusias para pimpinan, dosen, serta mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNM. Hal ini terlihat pada keaktifan peserta webinar dalam sesi tanya jawab juga merespon pertanyaan-pertanyaan dari narasumber di saat menyampaikan materinya.

Webinar ditutup oleh bapak Dr. Awi Dassa, M.Si. selaku Wakil Dekan 1 Jurusan Matematika FMIPA UNM. Beliau mengatakan bahwa “Setelah diselenggarakan webinar ini, kita butuh tindak lanjut utamanya bagi mahasiswa pendidikan yang akan mengaplikasikan ilmunya kepada anak sekolah.”

Translate »