Pembukaan TMSM (Training Manajemen Sukses di Matematika) Bagi Mahasiswa Baru Angkatan 2021 Jurusan Matematika FMIPA UNM

Jurusan Matematika FMIPA UNM kembali menggelar kegiatan TMSM (Training Manajemen Sukses di Matematika) bagi mahasiswa baru Jurusan Matematika angkatan 2021. Pembukaan TMSM diselenggarakan secara daring melalui zoom virtual pada Sabtu, 25 September 2021. Kegiatan ini dibuka melalui kata sambutan dari bapak Irwan, S.Si, M.Si. selaku Koordinator TMSM, bapak Dr. Asdar, S.Pd., M.Pd. selaku Ketua Jurusan Matematika, serta bapak Dr. Awi Dassa, M.Si. selaku Wakil Dekan I Jurusan Matematika. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh para dosen Jurusan Matematika, Ketua HMJ Matematika periode 2020/2021, Ketua SC Aljabar periode 2020/2021, serta mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNM.

Kegiatan TMSM bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa Jurusan Matematika agar sukses di matematika serta siap terjun di masyarakat sebagai lulusan matematika yang berakhlak mulia dan berprestasi. Di dalam sambutannya, bapak Dr. Asdar, S.Pd., M.Pd., pun mengatakan bahwa “TMSM lahir karena adanya keinginan, bukan karena ada sesuatu yang buruk. Keinginan untuk memperkuat karakter-karakter positif yang sudah ada di mahasiswa-mahasiswa baru Jurusan Matematika.”

Nantinya, TMSM akan dilaksanakan selama kurang lebih 1 tahun atau 2 semester bagi mahasiswa baru angkatan 2021 Jurusan Matematika FMIPA UNM. Di mana TMSM ini pun bertujuan untuk mementoring mahasiswa baru agar dapat membaca Al-Qurán sesuai dengan tajwid yang benar serta menghafal Al-Qurán khususnya Juz 30. Tujuannya agar mahasiswa Jurusan Matematika tidak hanya cerdas secara intelektual, melainkan juga cerdas secara rohaniah. Tidak hanya untuk mahasiswa muslim saja, melainkan mahasiswa non muslim pun nantinya turut terlibat dalam kegiatan TMSM ini. Sebab, akan ada materi-materi tentang self development yang dapat membawa mahasiswa baru Jurusan Matematika untuk sukses di matematika sebagai pribadi yang unggul dan berakhlak mulia.

Kegiatan Pembukaan TMSM yang diselenggarakan dari pukul 08.00 WITA hingga 11.00 WITA mengusung tema “Mewujudkan Generasi Matematika yang Berakhlak Mulia dan Berprestasi.” Dalam Pembukaan TMSM pun terdapat materi spesial dengan judul “Mulia dengan Al-Qurán dan Akibat Meninggalkannya” yang disampaikan oleh bapak Dr. Rahmat Syam, S.T., M.T.

“Al-Qur’an menjadikan segala sesuatu yang dekat dengannya menjadi mulia. Sebab, sebaik-baik manusia adalah yang mempelajari Al-Qurán dan mengajarkannya.” Ujar bapak Dr. Rahmat Syam, S.T., M.T. selaku pemateri pada Pembukaan TMSM 2021.

Kegiatan Pembukaan TMSM disambut dengan penuh antusias mahasiswa baru Jurusan Matematika yang terlihat dalam keaktifan pada sesi tanya jawab. Salah satu mahasiswa baru angkatan 2021 Jurusan Matematika FMIPA UNM pun turut berkomentar tentang kegiatan Pembukaan TMSM ini. “Untuk pelaksanaan kegiatan secara keseluruhan berjalan lancar. Banyaknya para hadirin dalam Pembukaan TMSM ini sebagai bentuk antusiasme kami dalam menyambut kegiatan. Adapun pembawaan materi oleh pak Rahmat Syam sangat jelas yang di mana materi beliau menambah ilmu baru dan sebagai bahan perenungan diri bagi saya. Beliau juga aktif dalam memberi pertanyaan selama penjelasan sehingga kegiatan ini aktif bagi kedua belah pihak. Bahkan bagi mereka yang dapat menjawab pertanyaan akan diberi hadiah. Ini sangat menguntungkan para hadirin karena hanya dengan mengikuti kegiatan ini kita sudah merasakan banyak manfaatnya. Sangat disayangkan bagi mereka yang melewatkan kegiatan ini. Saya juga ingin menyampaikan rasa terima kasih karena telah menyelenggarakan kegiatan ini, semoga para penyelenggara selalu diberi keberkahan di hidupnya.” Ungkap Tasqirah Prasani, mahasiswa baru prodi Pendidikan Matematika ICP FMIPA UNM.

Translate »