Dosen Jurusan Matematika FMIPA UNM Latih Guru SD Kabupaten Bantaeng Buat Game Pembelajaran

Pandemi covid-19 yang melanda dunia selama lebih dari satu tahun saat ini telah membawa banyak perubahan terutama dalam banyak aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Salah satu dampak yang paling signifikan dalam dunia pendidikan adalah perubahan pola pembelajaran dari luring menjadi daring. Hal ini memaksa guru untuk dapat melakukan adaptasi melalui inovasi pembelajaran yang kebanyakannya mengarah kepada digitalisasi pembelajaran. Untuk itu, untuk menambah pengetahuan dan keterampilan guru dalam mendigitalisasi bahan ajar, tim dosen dari Jurusan Matematika FMIPA UNM mengadakan kegiatan program kemitraan masyarakat dengan tajuk pelatihan gamifikasi pembelajaran yang diberikan kepada perwakilan Kelompok Kerja Guru (KKG) SD Kabupaten Bantaeng.
Kegiatan yang diketuai oleh Bapak Dr. Awi Dassa, M.Si. ini diselenggarakan secara blended dengan tiga tahapan pelatihan, yakni: pemaparan materi terkait digitalisasi pembelajaran yang diselenggarakan secara blended, pelatihan pengembangan game pembelajaran yang dilaksanakan secara luring, serta kerja mandiri yang dilakukan secara virtual-digital dengan berbekal pada video tutorial yang telah tim siapkan.

Foto bersama tim pengabdi dan peserta pelatihan

Dalam kegiatan pelatihan, peserta dibagi ke dalam lima kelompok beranggotakan 2-3 orang untuk mengembangkan game secara bersama. Pendampingan pembuatan game dipandu langsung oleh Bapak Muhammad Husnul Khuluq yang juga merupakan salah satua anggota tim pengabdi. Selama kegiatan, seluruh peserta terlihat sangat antusias baik dalam menyimak pemaparan materi, tanya jawab, dan saat sesi praktik pembuatan game. Melalui kegiatan ini, kelima kelompok berhasil mengembangkan game digital sederhana yang bisa digunakan dalam pembelajaran mereka di kelas.

Translate ยป