DOSEN UNM MELAKSANAKAN PKM UNTUK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN PROFESIONALISME GURU

DOSEN UNM MELAKSANAKAN PKM UNTUK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN PROFESIONALISME GURU

Tim Dosen Jurusan Matematika FMIPA UNM kembali melaksanakan Program PKM dengan tema PKM Pelatihan bagi Guru-guru dalam Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Guru. Program PKM kali ini dilakukan secara daring yang terpusat di Jurusan Matematika FMIPA UNM Kampus Parangtambung pada tanggal 14-18 Agustus 2021. Beberapa judul PKM seperti: (1) Pelatihan Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik yang Berkearifan Lokal Budaya Masyarakat, (2) Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran yang Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Lingkungan, (3) Desain Pembelajaran Berbasis Penelitian Tindakan Kelas, dan (4) Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru.

Tim Dosen Pelaksana PKM-daring

Kegiatan PKM dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru-guru sekolah sehingga berdampak pada peningkatan kemampuan guru baik dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik. Selain itu, kemampuan guru dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menjadi lebih baik.

Dalam acara pembukaan Prof Dr. Usman Mulbar sebagai Sekretaris LP2M UNM menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi bagi dosen yang wajib melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam setiap tahunnya. Kegiatan ini juga diharapkan mampu mengidentifikasi kebutuhan atau permasalahan apa saja yang dihadapi oleh guru dilapangan sebagai input atau masukan bagi Tim PKM UNM untuk dilaksanakan pada PKM tahun berikutnya.

Narasumber ahli dalam kegiatan diantaranya Prof. Dr. Usman Mulbar, M.Pd. (Pembelajaran Matematika Realistik), Dr. Alimuddin, M.Si. (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi/HOTS), Dr. Ilham Minggi, M.Si. (Penelitian berbasis PTK), Prof. Dr. Abdul Rahman, M.Pd. (Pengembangan Media Pembelajaran), Nasrullah, S.Pd., M.Pd. (Merancang Media Pembelajaran Realistik), dan Ahmad Zaki, S.SI., M.Si. (Media Pembelajaran era Digitalisasi).

Peserta kegiatan PKM terdiri dari Guru-guru se Kawasan Timur Indonesia yang berjumlah 92 orang. Pada bagian akhir kegiatan, peserta diberi kesempatan menyampaikan respon dan kesan setelah mengikuti kegiatan, dimana secara umum peserta menyatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka untuk meningkatkan profesionalismenya.

Translate ยป