Kuliah Umum dan Pembekalan SIA UNM bagi Mahasiswa Baru Jurusan Matematika FMIPA UNM Angkatan 2021

Jurusan Matematika FMIPA UNM baru saja menggelar kuliah umum sekaligus pembekalan tentang SIA (Sistem Informasi Akademik) bagi mahasiswa baru angkatan 2021 Jurusan Matematika FMIPA UNM pada Senin, 16 Agustus 2021. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui zoom yang dihadiri oleh Ketua Jurusan Matematika FMIPA UNM, Sekretaris Jurusan Matematika FMIPA UNM, para dosen Jurusan Matematika FMIPA UNM, serta para mahasiswa baru Jurusan Matematika FMIPA UNM.

Kuliah umum yang diselenggarakan dari pukul 08.30 WITA hingga 11.00 WITA mengusung tema “Problematika Matematika Dasar dan Kiat Sukses Belajar Matematika.” Materi perkuliahan disampaikan oleh bapak Dr. Muhammad Darwis, M.Pd. Dengan diadakannya kuliah umum ini, mahasiswa baru diharapkan dapat sukses di matematika baik dalam perkuliahan maupun kehidupan sehari-hari. Kuliah umum ini pun disambut dengan penuh antusias mahasiswa baru yang terlihat dalam keaktifan pada sesi tanya jawab.

“Berjuang terus dan jangan putus asa. Tidak mungkin tidak ada masalah, yang perlu dilakukan adalah berjuang untuk mengatasi masalah tersebut. Hal ini pun tentu berkaitan dengan konsep bermatematika,” ungkap bapak Dr. Muhammad Darwis, M.Pd selaku pemateri sekaligus menutup kuliah umum yang digelar oleh Jurusan Matematika FMIPA UNM.

Selanjutnya, pembekalan tentang SIA (Sistem Informasi Akademik) diawali oleh bapak Dr. Asdar, M.Pd selaku Ketua Jurusan Matematika FMIPA UNM yang mengarahkan mahasiswa baru agar segera menyusun struktur kepengurusan di kelas masing-masing, serta memberikan beberapa pengantar terkait SIA UNM. Selain itu, beliau pun menginformasikan tentang platform apa saja yang biasa digunakan dalam proses perkuliahan, termasuk di dalamnya syam-ok. “Syam-ok merupakan e-learning yang wajib diketahui oleh mahasiswa UNM,” imbuhnya.

Kemudian, pembekalan terkait SIA (Sistem Informasi Akademik) dilanjutkan pada pukul 16.00 WITA oleh bapak Nasrullah, S.Pd, M.Pd sebagai Sekretaris Jurusan Matematika FMIPA UNM sekaligus memandu mahasiswa baru dalam mengakses SIA UNM serta LMS (Learning Management System) syam-ok. Dalam kegiatan pembekalan ini, ditemukan masih ada beberapa mahasiswa baru yang mengalami kendala saat mengakses SIA UNM maupun syam-ok. Sehingga, dengan kegiatan pembekalan ini tentunya sangat membantu mahasiswa baru Jurusan Matematika FMIPA UNM dalam menyelesaikan kendala yang dihadapi.

Salah satu mahasiswa baru angkatan 2021 Jurusan Matematika FMIPA UNM pun turut berkomentar bahwa kuliah umum serta pembekalan terkait SIA UNM yang diselenggarakan oleh Jurusan Matematika FMIPA UNM berjalan dengan lancar dan banyak manfaat yang diperoleh. “Saya mengikuti kuliah perdana tadi dengan antusias karena pematerinya merupakan salah satu dosen terbaik Jurusan Matematika yaitu bapak Muhammad Darwis. Beliau pun turut menceritakan kisahnya yang sangat memotivasi kami selaku generasi muda untuk tidak mudah menyerah dalam menghadapi suatu tantangan. Setelah mengikuti kuliah perdana pada pagi hari, sore tadi tepatnya pukul 16:00 WITA pak Nasrullah menyampaikan tata cara penggunaan SIA dan syam-ok. Penjelasan yang disampaikan oleh beliau sangat mudah dipahami oleh kami sebagai mahasiswa baru.” Tutur Rivaldi, mahasiswa baru prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNM.

Translate »