Semangat Mahasiswa Baru di Tengah Pandemi Dalam PKKMB 2021 Jurusan Matematika FMIPA UNM

Pada Jumat, 13 Agustus 2021, Jurusan Matematika FMIPA UNM menggelar kegiatan PKKMB bagi mahasiswa baru Jurusan Matematika FMIPA UNM dengan sistem blended atau semi-online. Kegiatan PKKMB tingkat jurusan ini dihadiri oleh para pimpinan Jurusan Matematika FMIPA UNM, para dosen Jurusan Matematika FMIPA UNM, Ketua dan pengurus HMJ Matematika FMIPA UNM, serta mahasiswa baru Jurusan Matematika FMIPA UNM. Selain itu, Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA UNM juga turut hadir mengikuti kegiatan PKKMB tingkat Jurusan Matematika FMIPA UNM.

Kegiatan PKKMB ini diharapkan dapat membantu para mahasiswa baru agar mampu beradaptasi di lingkungan kampus Jurusan Matematika FMIPA UNM baik dalam bidang akademik maupun non-akademik sehingga dapat menjalani masa perkuliahan dengan baik dan sukses di Jurusan Matematika. Dalam kegiatan ini, Jurusan Matematika menyajikan beberapa materi dan informasi penting terkait Jurusan Matematika FMIPA UNM seperti pengenalan profil jurusan, dosen, para pimpinan jurusan dan unit serta etika dan aturan dalam lingkungan Jurusan Matematika FMIPA UNM. Selama perkenalan, para dosen juga memberikan nasehat-nasehat akademik kepada mahasiswa baru. Selain itu,  mahasiswa diberikan beberapa informasi terkait kegiatan kemahasiswaan yang disampaikan oleh Ketua HMJ Matematika FMIPA UNM.

Para mahasiswa baru-pun menyambut hangat kegiatan PKKMB tingkat Jurusan Matematika FMIPA UNM. Semangat para mahasiswa baru juga tidak surut walaupun sebelumnya telah mengikuti PKKMB di tingkat universitas pada Kamis, 12 Agustus 2021 serta tingkat fakultas pada Jumat, 12 Agustus 2021 dari pukul 07.00 hingga 11.00 lalu dilanjutkan dengan kegiatan PKKMB tingkat jurusan yang berlangsung pada pukul 13:00 sampai 17:00. Hal ini terlihat dari antusiasme mahasiswa baru selama kegiatan PKKMB berlangsung, baik yang mengikuti secara offline maupun online.

“Sekalipun pelaksanaan PKKMB dilakukan secara semi daring, pelaksanaan kegiatan ini tetap memberi kesan tersendiri baik untuk saya pribadi maupun elemen-elemen yang mengikuti kegiatan ini. Setiap mahasiswa baru terlihat sangat bersemangat dan juga aktif dalam pelaksanaan kegiatan ini walaupun banyak dari mereka yang melakukan kegiatan ini hanya dengan melalui zoom. Keseriusan mereka juga dapat dilihat dari keaktifan bertanya pada proses pelaksanaan kegiatan. Apalagi untuk mahasiswa baru yang hadir secara langsung. Semangat dan antusiasme mereka dapat dilihat secara langsung.” ungkap Asriadi, Ketua HMJ Matematika FMIPA UNM.

Salah satu mahasiswa baru Jurusan Matematika FMIPA UNM  juga mengaku bahwa kegiatan berjalan menyenangkan. “PKKMB di hari itu berjalan lancar dan menyenangkan, bahkan para dosen sempat saling melontarkan candaan satu sama lain. Adapun kakak-kakak HMJ yang memberikan penjelasan dengan baik. Saya berharap pandemi ini segera berakhir, saya ingin bertemu secara langsung baik dengan dosen maupun para kakak lainnya. Saya ingin mengenal lebih baik lagi dengan mereka semua. Terimakasih telah menyukseskan PKKMB kami.” ujar Tasqirah Prasani dari Program Studi Pendidikan Matematika ICP (International Class Program). 

Translate »