TIM PKM DOSEN UNM MELAKSANAKAN PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MERANCANG DAN MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN

nTim PKM Dosen UNM kembali melaksanakan Program PKM dengan tema PKM Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dalam Merancang dan Melaksanakan Proses Pembelajaran. Program PKM kali ini dilakukan secara luring yang terpusat di Sekolah Dasar Negeri 2 Malino Kecamatan Tinggi Moncong Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan pada hari Sabtu-Minggu tanggal 17-18 Juni 2023. Beberapa judul PKM seperti: (1) Pelatihan Penerapan Pembelajaran Berbasis Penelitian Tindakan Kelas dan Penyusunan Laporan, (2) Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Ramah Lingkungan, (3) Pelatihan Penerapan Pembelajaran Berbasis Penelitian Tindakan Kelas dan Penyusunan Laporan, dan (4) Pelatihan Pemulisan Soal Matematika Berbasis Konteks.

Kegiatan PKM dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru-guru sekolah sehingga berdampak pada peningkatan kemampuan guru baik dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik.

Selain itu, tujuan PKM juga untuk meningkatkan kemampuan guru dalam merancang inovasi model pembelajaran, menyusun dokumen perangkat pembelajaran yang terdiri atas RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, dan instrument penilaian sehingga profesionalismenya guru menjadi semakin meningkat. Tujuan lain yang ingin dicapai juga yaiutu adanya peningkatan kemampuan guru dalam merancang dan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan mengembangkan media pembelajaran ramah lingkungan dan berbasis teknolgi informasi.

Dalam acara pembukaan Prof Dr. Usman Mulbar, M.Pd. sebagai koordinator menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi bagi dosen yang wajib melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam setiap tahunnya. Kegiatan ini juga diharapkan mampu mengidentifikasi kebutuhan atau permasalahan apa saja yang dihadapi oleh guru dilapangan sebagai input atau masukan bagi Tim PKM UNM untuk dilaksanakan pada PKM tahun berikutnya.

Narasumber ahli dalam kegiatan diantaranya Prof. Dr. Usman Mulbar, M.Pd., Dr. Alimuddin, M.Si., Dr. Ahmad Zaki, S.Si., M.Si., dan Nasrullah, S.Pd., M.Pd. Peserta kegiatan PKM terdiri dari guru-guru Sekolah Dasar di kecamatan Tinggi Moncong kabupaten Gowa. Pada bagian akhir kegiatan, peserta diberi kesempatan menyampaikan respon dan kesan setelah mengikuti kegiatan, dimana secara umum peserta menyatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka untuk meningkatkan profesionalismenya.

 

 

 

 

Translate »