Jurusan Matematika Semarakkan Dies Natalis FMIPA UNM ke-58

Perayaan puncak hari lahir Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang ke-58 digelar di Ballroom Theater Lantai 12 Menara FMIPA UNM pada Rabu, 5 Januari 2022 secara daring dan luring (blended). Acara Dies Natalis ini dihadiri oleh Rektor UNM, Dekan FMIPA UNM, Civitas Akademik FMIPA UNM, serta tamu undangan. Acara dimulai dengan orasi ilmiah yang dibawakan oleh Bapak Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, Ph.D dari Chiba University, Jepang.

Dalam sambutannya, Dekan FMIPA UNM, Drs. Suwardi Annas, M.Si., Ph.D. mengatakan Perayaan Dies Natalis FMIPA UNM ini merupakan pertama kalinya digelar setelah FMIPA UNM mencapai usia 58 tahun. Penetapan tanggal 5 Januari 1964 sebagai hari lahir FMIPA UNM didasarkan pada naskah akademik yang disusun oleh tim yang diketuai Prof. Muh. Arif Tiro, Ph.D. bersama perwakilan dosen-dosen senior dari masing-masing jurusan. Pada kegiatan puncak peringatan Dies Natalis FMIPA ini, naskah akademik hari lahir FMIPA UNM yang telah disusun diserahkan secara langsung kepada Rektor UNM.

Acara Dies Natalis FMIPA 58 mengusung tema “Inovasi Sains di Era Industri 4.0 Menuju Society 5.0” yang bertujuan untuk meningkatkan semangat civitas akademik FMIPA UNM dalam mengembangkan basic sciences agar tetap eksis sebagai pilar utama dalam pengembangan IPTEK yang dapat memberi manfaat bagi kehidupan umat manusia.

Perayaan puncak Dies Natalis FMIPA 58 turut dimeriahkan dengan berbagai rangkaian kegiatan yang diikuti oleh civitas akademika FMIPA UNM mulai dari unsur pimpinan, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, mahasiswa, hingga petugas keamanan dan kebersihan kampus. Untuk memeriahkan perayaan Dies Natalis FMIPA 58, diadakan beberapa kegiatan antara lain pameran media dan produk kewirausahaan, lomba karaoke, dan pengundian doorprize.

Jurusan Matematika FMIPA UNM tentu saja turut serta dalam perayaan puncak hari lahir FMIPA ke-58 dengan mengikuti pameran produk kewirausahaan dan media pembelajaran. Jurusan Matematika yang khas dengan warna merahnya pun menghias stand dengan mengambil tema berwarna merah yang diisi dengan penjelasan tentang Jurusan Matematika. Sebelumnya, Jurusan Matematika juga telah mengadakan beberapa kegiatan ilmiah yang merupakan rangkaian dari Dies Natalis FMIPA ke-58 ini, yakni dengan mengadakan Kuliah Tamu Diaspora, International Conference on Educational Studies in Mathematics (ICoESM), dan International Conference on Statistics, Mathematics, Teaching, and Researches (ICSMTR).

Diharapkan perayaan Dies Natalis FMIPA UNM ke-58 tahun ini dapat semakin meningkatkan semangat Civitas Akademik FMIPA UNM untuk terus mengembangkan ilmu pengetahuan berupa sains agar tetap eksis sebagai pilar utama dalam pengembangan IPTEK yang dapat memberi manfaat bagi kehidupan umat manusia, serta meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam berwirausaha.

Translate »