Pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Jurusan Matematika FMIPA UNM di Kabupaten Takalar 8-9 Agustus 2020

 

Jurusan Matematika – Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Jurusan Matematika FMIPA UNM melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara daring di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu 8-9 Agustus 2020 secara daring dengan menggunakan aplikasi webmeet Zoom.

Kegiatan berlangsung atas kerjasama tim PKM dari Jurusan Matematika UNM, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Takalar dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Takalar. Peserta kegiatan ini melibatkan guru-guru bidang studi matematika di Kabupaten Takalar. Salah satu TIM PKM yang berpastisipasi dalam pelaksanaan ini adalah tim yang yang diketuai oleh Dr. Rusli, M.Si, dengan anggota masing-masing Prof. Dr. Suradi, M.S. dan Fajar Arwadi, S.Pd.,M.Sc.

Pada kegiatan tersebut, tim PKM memberikan pelatihan teknik menghitung cepat kepada guru-guru. Teknik yang digunakan dalam teknik menghitung adalah jarimatika dan visualisasi geometri. Jarimatika menampilkan beberapa variasi menarik dari teknik sempoa. Jarimatika mengelaborasi 10 jari untuk menggantikan peran sempoa. Sedangkan visualisasi geometri adalah teknik merepresentasikan bilangan dengan titik dan garis, untuk menghitung perkalian bilangan puluhan dan ratusan.

Dari kegiatan yang dilakukan tersebut, peserta merasakan manfaat yakni dapat mengajarkan teknik-teknik tersebut ke peserta didik mereka yang selama ini mengalami keterbatasan dalam hal fasilitas alat hitung elektronik atau gadget. Selain itu, dapat semakin mempererat kerja sama dan tali silaturrahmi antara Jurusan Matematika, PGRI Takalar, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Takalar, sehingga diharapkan kegiatan-kegiatan serupa akan terlaksana kembali.

Translate ยป