Tingkat Pemahaman Sivitas Akademika Terhadap Visi Keilmuan Program Studi Pendidikan Matematika

Visi dan misi merupakan arah dan tujuan utama dari sebuah institusi yang mencerminkan cita-cita jangka panjang serta peran strategisnya dalam pembangunan bangsa.Universitas Negeri Makassar sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi di Indonesia memiliki tanggung jawab besar dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul, berintegritas, dan berdaya saing global. Oleh karena itu, pemahaman yang mendalam terhadap visi dan misi khususnya visi misi program studi sangat penting untuk ditanamkan kepada seluruh sivitas akademika, terutama mahasiswa sebagai bagian integral dari sistem pendidikan. Laporan ini disusun berdasarkan pengamatan, wawancara, serta data yang diperoleh setiap tahun. Diharapkan, hasil kajian ini dapat menjadi salah satu referensi dalam merumuskan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan internalisasi visi dan misi dalam kehidupan akademik maupun nonakademik di lingkungan Prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNM.

Survei Pemahaman Visi Keilmuan Program Studi Pendidikan Matematika

TAHUN 2024

Dari kelompok dosen, 79% menyatakan sangat paham dan 20% paham, tanpa ada yang menyatakan tidak paham. Hal serupa juga terlihat pada tenaga kependidikan (tendik), di mana 88% menyatakan sangat paham dan 12% paham, tanpa satupun yang menyatakan tidak paham. Temuan ini mencerminkan adanya persepsi positif terhadap perumusan dan penyampaian visi misi, yang dinilai cukup komunikatif dan mudah dipahami oleh seluruh unsur internal.

Survei Pemahaman Visi Keilmuan Program Studi Pendidikan Matematika

TAHUN 2023

Dari data yang diperoleh, 78,9% mahasiswa menyatakan sangat paham, 8% paham, dan masih terdapat 13,1% yang tidak paham. Angka ini menunjukkan bahwa meskipun mayoritas mahasiswa telah memahami visi misi dengan sangat baik, masih ada sebagian yang belum sepenuhnya memahami, sehingga perlu adanya pendekatan yang lebih komunikatif dalam menyosialisasikan visi misi kepada mahasiswa secara lebih efektif, terutama pada mahasiswa baru atau yang belum aktif dalam kegiatan kelembagaan.
Kelompok alumni menunjukkan persentase sangat paham yang tinggi, yakni 86,3%, namun angka tidak paham mencapai 12,4%, dengan hanya 1,3% yang berada di kategori paham. Pola ini menandakan adanya polarisasi pemahaman, di mana sebagian besar alumni memahami secara mendalam, tetapi ada juga sebagian yang merasa kurang memahami. Hal ini bisa diakibatkan oleh kurangnya kesinambungan komunikasi antara institusi dengan alumni setelah masa studi berakhir. Untuk itu, penguatan hubungan dan pembaruan informasi melalui jejaring alumni menjadi penting agar pemahaman visi misi tetap relevan dan hidup dalam praktik pasca-kampus.
Sementara itu, kelompok dosen menunjukkan pemahaman yang kuat, dengan 75,3% menyatakan sangat paham dan 24,7% paham. Tidak ada dosen yang menyatakan tidak paham, yang mengindikasikan bahwa internalisasi visi dan misi di kalangan pengajar telah berjalan cukup baik. Kondisi serupa juga terlihat pada tenaga kependidikan, di mana 70% menyatakan sangat paham dan 30% paham, tanpa responden yang menyatakan tidak memahami visi misi.

Survei Pemahaman Visi Keilmuan Program Studi Pendidikan Matematika

TAHUN 2022

Hasil survei pemahaman terhadap visi dan misi Program Studi Pendidikan Matematika tahun 2022 menunjukkan tren umum bahwa sebagian besar sivitas akademika telah memahami arah strategis program studi, meskipun masih terdapat gap pemahaman terutama pada kelompok mahasiswa dan alumni. Secara umum, persentase responden yang menyatakan sangat paham berada di atas 70% untuk seluruh kelompok, sementara kelompok dosen dan tendik mencatatkan tingkat pemahaman menyeluruh tanpa adanya responden yang menyatakan tidak paham.

Translate ยป