Prof. Dr. Usman Mulbar, M.Pd.

A. Identitas Diri

  Nama Lengkap   Prof. Dr. Usman Mulbar, M.Pd.
  Kode Dosen   1116
  Tempat dan Tanggal Lahir   Siyo Kec. Belawa, 18 Agustus 1963
  Email   u_mulbar@unm.ac.id
  Bidang Keahlian   Pendidikan Matematika
  Google Scholar   Lihat Profil

B. Riwayat Pendidikan Tinggi

No. Tahun Lulus Jenjang Lokasi (Dalam / Luar Negeri) Nama Perguruan Tinggi Program Studi
1. 1986 S-1 Dalam Negeri IKIP Ujung Pandang Pendidikan Matematika
2. 1986 S-2 Dalam Negeri IKIP Malang Pendidikan Matematika
3. 2009 S-3 Dalam Negeri UNESA – Surabaya Pendidikan Matematika

C. Pengalaman Penelitian Dalam 5 Tahun Terakhir

No. Tahun Judul Penelitian Sumber Pendanaan
1. 2015 Pengembangan Model Pembelajaran Yang Memanfaatkan Sistem Sosial Masyarakat (Tahun III). (Ketua Peneliti). DRPM
2. 2015 Pengembangan Desain Pembelajaran Tematik Yang Meman-faatkan Sistem Sosial Masyarakat Pada Sekolah DasarNegeri Di Provinsi Sulawesi Selatan (Tahun I) (Anggota Peneliti). DRPM
3. 2015 Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Metakognisi Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Makassar (Ketua Peneliti) PNBP UNM
4. 2015 Dampak Gratis SPP di Provinsis Sulawesi Selatan (Ketua Peneliti) Balitbanda Pemprov Sul-Sel
5. 2016 Pengembangan Desain Pembelajaran Tematik Yang Memanfaat-kan Sistem Sosial Masyarakat Pada Sekolah DasarNegeri Di Provinsi Sulawesi Selatan (Tahun II) (Anggota Peneliti). DRPM
6. 2016 Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Realistik Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Di Kota Makassar (Tahun I). (Anggota Peneliti). DRPM
7. 2016 Pengembangan Konteks Matematika Berbasis Realistik Dalam Upaya Membangun Pemahaman Siswa Kelas 5 Sd Pada Konsep Kecepatan (Anggota Peneliti) PNBP UNM
8. 2017 Analisis Pemahaman Menyelesaikan Soal Pembuktian Teori Grup Menurut Teori Piere-Kieren Pada Mahasiswa PPs UNM (Anggota Peneliti) PNBP UNM
9. 2017 Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Realistik Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Di Kota Makassar (Tahun II) (Ketua Peneliti) PNBP UNM
10. 2017 Efektivitas Model Pembelajaran Kelas Terbalik pada Mahasiswa Jurusan Matematika di Universitas Negeri Makassar (Anggota Peneliti) PNBP UNM
11. 2018 Desain Pembelajaran Matematika Realistik yang Memanfaatkan Sistem Sosial Masyarakat untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan Siswa Sekolah Menegah Pertama di Provinsi Sulawesi Selatan (Ketua Peneliti) PNBP UNM
12. 2018 Model Angka Putus Sekolah Anak Usia Wajib Belajar Di Provinsi Sulawesi Selatan (Pendekatan Generalized Poisson Regression) (Anggota Peneliti) PNBP UNM
13. 2018 Pengembangan Desain Pembelajaran Bukti Matematika Berbasis Alur Belajar Dengan Memanfaatkan Intuisi Matematika Pada Perguruan Tinggi (Anggota Peneliti) PNBP UNM
14. 2018 Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Teori GAGNE dalam Pembelajaran Matematika Sekolah di Kota Makassar (Anggota Peneliti) PNBP UNM
15. 2018 Analisis Hubungan Penggunaan Alat IT (Handphone dan Laptop) dengan Kemampuan Spasial Matematika dan Prestasi Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi (Anggota Peneliti) PNBP UNM
16. 2019 Pengembangan Sistem Blended Learning Pada Mata Kuliah Umum Pada Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. (Anggota Peneliti). DRPM
17. 2019 Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Local Wisdom Mathematics Untuk Meningkatkan Problem Solving Ability Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Sulawesi Selatan. (Ketua Peneliti). DRPM
18. 2019 Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Gaya Kognitif Impulsif Dan Reflektif Siswa Sekolah Menengah Atas. (Ketua Peneliti). DRPM
19. 2019 Analisis Pengaruh Kemajuan Teknologi (Handphone Dan Laptop) Terhadap Kemampuan Spasial Matematika Dan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. (Ketua Peneliti). DRPM
20. 2020 Pengembangan Media Augmented Reality Dalam Pembelajaran Matematika Menghadapi Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. (Ketua Peneliti). DRPM
21. 2020 Analisis Dampak Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Komunikasi Matematika Dalam Pendidikan Era Revolusi Industri Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. DRPM
22. 2020 Pengembangan Sistem Blended Learning Pada Mata Kuliah Umum Pada Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Tahun II (Anggota Peneliti). DRPM
23. 2020 Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Literasi Untuk Menumbuhkembangkan Karakter Dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah Pertama. (Ketua Peneliti) DRPM

D. Pengalaman Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam 5 Tahun Terakhir

No. Tahun Judul Pengabdian Masyarakat Sumber Pendanaan
1. 2015 ISI Desain Pembelajaran Tematik Yang Memanfaatkan Sistem Sosial Masyarakat Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar (SD) Negeri Di Kabupaten Gowa (Ketua) DRPM
2. 2016 Pelatihan Pembuatan Konteks Matematika Berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) PNBP – UNM
3. 2017 Program Pengembangan Mutu Literasi Tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Gowa untuk Mendorong Peningkatan Mutu Pendidikan (Ketua) PNBP – UNM
4. 2017 Pelatihan Pengembangan Penguasaan IT Bagi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Gowa untuk Meningkatkan Mutu dan Kualitas Pembelajaran (Anggota) PNBP – UNM
5. 2018 PKM Guru Sekolah di Kecamatan Tinggimoncong Pelatihan Pedagogik Content Knowledge (PCK) untuk Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran (Ketua) PNBP – UNM
6. 2018 PKM Pembelajaran Matematika Realistik untuk Guru Sekolah Dasar (Anggota) PNBP – UNM
7. 2018 PKM Guru Sekolah di Kecamatan Tinggimoncong Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru PNBP – UNM
8. 2019 PKM Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Gowa Pelatihan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Melaksanakan Pembelajaran PNBP – UNM
9. 2019 PKM Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Gowa Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Dalam Pembelajaran PNBP – UNM
10. 2019 PKM Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Gowa Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran PNBP – UNM
11. 2019 PKM Guru Sekolah Dasar Kabupaten Bulukumba Pelatihan Menyusun Konstruksi Soal-Soal Level Higher Order Thinking Skills (Hots) Untuk Meningkatkan Kualitas Alat Evaluasi PNBP – UNM
12. 2020 PKM Pelatihan Pembelajaran Matematika Realistik yang Terintegrasi Budaya dan Kearifan Lokal Masyarakat PNBP – UNM
13. 2020 PKM Pelatihan Guru Pembina Olimpiade Matematika dalam Mengembangkan Soal-Soal HOTS PNBP – UNM

E. Pengalaman Penulisan Artikel Ilmiah Dalam Jurnal 5 Tahun Terakhir

No. Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
1. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Poe (Predict-Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Xi IPA-1 Sman 22 Makassar DAYA MATEMATIS: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika. Volume 3 No.1 Tahun 2015
2. Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika dengan Memanfaatkan Sistem Sosial Masyarakat Jurnal Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan November 2015 Th. XXXV, No. 2
3. Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa statistika FMIPA UNM angkatan 2015 berdasarkan taksonomi SOLO dan ditinjau dari gaya kognitif Universitas Negeri Makassar http://eprints.unm.ac.id/3612/
4. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Instad (Inquiry – Stad) Terhadap Motivasi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas Vii Smpn 5 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan Jurnal Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan Oktober 2016 Tahun I
5. Deskripsi Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Dalam Mengerjakan Soal Proporsi SAINSMAT Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam September 2016 Halaman 219-228 Vol. V, No. 2 ISSN 2579-5686 (Onine) ISSN 2086-6755 (Cetak) http://ojs.unm.ac.id/index.php/sainsmat
6. Analysis Of The Ability In Mathematical Problem-Solving Based On SOLO Taxonomy And Cognitive Style World Transactions on Engineering and Technology Education vol: 15 | issue : 1 | 2017-01-01.
7. Comparison Of The Methods To Estimate Missing Values In Monthly Precipitation Data International Journal on Advanced Science, Engineering and Infor-mation Technology vol: 7 | issue : 6 | 2017-01-01
8. Modeling Of Rainffal Characteristics For Monitoring Of The Extreme Rainffal Event In Makassar City American Journal of Applied Sciences Volume 14 Issue 4, pp 4576 – 461, April 2017. DOI: 10.3844/ajassp.2017456.461
9. A SEIR model for transmission of tuberculosis AIP Conference Proceedings vol: 1830 | issue : | 2017-04-27 | Conference Proceedings
10. Penggunaan Dwibahasa (Bahasa Indonesia-Bahasa Konjo) Pada Pembelajaran Matematika SAINSMAT: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 6 No. 1 Tahun 2017
11. The Profile of Creativity and Proposing Statistical Problem Quality Level Reviewed from Cognitive Style Journal of Physics: Conference Series Vol: 954 | issue : 1 | 2018-02-22.
12. Pembuktian Pada Teori Grup Ditinjau Dari Gaya Kognitif DAN ADVERSITY QUOTIENT (Analysis Of Pps UNM Students’ Understanding Guided by Pirie-Kieren Theory In Solving Proving Problem In Group Theory Based On Cognitive Style and Adversity Quotient) PPs Universitas Negeri Makassar http://eprints.unm.ac.id/
13. Efektivitas Model Everyone Is A Teacher Here (Eth) Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas Xi Jurnal Nalar Pendidikan Volume 6, Nomor 1, Jan-Jun 2018
14. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Pembelajaran Diferensiasi pada Peserta Didik Kelas VIII Issues in Mathematics Education Issues in Mathematics Education (hal. 1 – 6) Vol. 1. No. 1, Maret 2017 http://www.ojs.unm.ac.id/
15. PerbandinganHasilBelajarMatematikaSiswaantaraPenerapanPendekatanRealisticMathemtics Educationdan Contextual Teaching And Learning. PPs Universitas Negeri Makassar http://eprints.unm.ac.id/11976/
16. Deskripis Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Gaya Kognitif Implusif Dan Reflektif PPs Universitas Negeri Makassar http://eprints.unm.ac.id/11976/
17. Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dan Kemampuan Awal Siswa PPs Universitas Negeri Makassar http://eprints.unm.ac.id/11976/
18. The Influence Of Mastering Cellular Phone And Laptop Usage Of Spatial Ability Of Mathematics And Geometry Learning Achievement Of Undergraduate Students Of Mathematics Education Study Program In Universitas Negeri Makassar PPs Universitas Negeri Makassar http://eprints.unm.ac.id/11976/
19. Deskripsi Kesulitan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient Issues in Mathematics Education (hal. 22–29) Vol. 3. No. 1, Maret2019 http://www.ojs.unm.ac.id/imed
20. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa antara Penerapan Pendekatan Realistic Mathemtics Education dan Contextual Teaching And Learning Issues in Mathematics Education (IMED) https://ojs.unm.ac.id/imed/article/view/9481
21. Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Pokok Pembahasan Distribusi Binomial Issues in Mathematics Education (IMED) https://ojs.unm.ac.id/imed/article/view/9481
22. Description Of Mathematics Reasoning Ability In Solving Story Questions Based On Cognitive Styles And Initial Ability Of Students Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika https://ojs.unm.ac.id/JDM/article/view/8840
23. The Development Of Metacognition-Based Learning Media For The Industrial Electronics Field In A Vocational High School World Institute for Engineering and Technology Education (WIETE) Vol: 15 | issue : 1 | 2017-01-01 | Journal
24. Analysis on instructional design instruments of metacognition based electronic industries expertise Journal of Engineering and Applied Sciences vol: 13 | issue : 11 | 2018-01-01.
25. Pengembangan Aplikasi Sistem Online Rekrutmen Mahasiswa Calon Guru Indonesia Jurnal Inovtek Polbeng – Seri Informatika Vol. 5; No. 1. Tahun 2020 ISSN : 2527-9866
26. Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru dengan Pelatihan Pembelajaran Matematika Realistik Dedikasi Vol.22, No.1, April 2020
Translate »