Prof. Dr. Hamzah Upu, M.Ed

A. Identitas Diri

  Nama Lengkap   Prof. Dr. Hamzah Upu, M.Ed
  NIP   19660801 198903 1 001
  NIDN   0001086603
  Kode Dosen   1118
  Tempat dan Tanggal Lahir   Cilellang, Bone, 01 Agustus 1966
  Email   hamzahupu@gmail.com
  Bidang Keahlian   Pendidikan Matematika

 

B. Riwayat Pendidikan Tinggi

No. Tahun Lulus Jenjang Lokasi (Dalam / Luar Negeri) Nama Perguruan Tinggi Program Studi
1. 1988 S-1 Indonesia IKIP Ujungpandang, Sul-Sel Pendidikan Matematika
2. 1996 S-2 Australia Deakin Universty, Australia Math Education
3. 2003 S-3 Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Pendisikan Matematika

C. Pengalaman Penelitian Dalam 5 Tahun Terakhir

No. Tahun Judul Penelitian Sumber Pendanaan
1. 2015 Mengembangkan pemahaman siswa kelas V SD tentang konsep rata-rata melalui konsep pengukuran berulang PNBP
2. 2015 Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Bilingual: Mendukung Program MIPA Unggulan (PGMIPA-U) Stranas
3. 2016 Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Bilingual: Mendukung Program MIPA Unggulan (PGMIPA-U) Thn 2 Stranas
4. 2016 Pengembangan Perangkat dan Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran, Komunikasi dan Hasil Belajar Matematika Hibah Pasca
5. 2016 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BILINGUAL DASAR-DASAR MATEMATIKA: Mendukung Program Internasional Program Pascasarjana UNM PNBP Pasca
6. 2017 Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Bilingual: Mendukung Program MIPA Unggulan (PGMIPA-U) Thn 3 Stranas
7. 2018 Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Hasil Belajar Matematika PNBP UNM
8. 2018 Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Hasil Belajar Matematika PNBP Majelis Professor
9. 2019 PENGEMBANGAN PERANGKAT DAN MODEL PEMBELAJARAN BILINGUAL MATEMATIKA DASAR: Mendukung Program Guru Sekolah Dasar Unggulan (GSD-U) Hibah Pasca Tesis Megister
10. 2019 Pengembangan Perangkat dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran, Komunikasi dan Hasil Belajar Matematika Hibah Pasca Tesis Megister

D. Pengalaman Pengabdian Kepada Masyarakat

No. Tahun Judul Pengabdian Masyarakat Sumber Pendanaan
1. 2011 IbM Tentang Pembuatan Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Guru-guru di SMP Negeri 3 Tellu Siattinge Kabupaten Bone PNBP
2. 2011 Workshop pada Madrasah Education Development Project MEDP
3. 2012 Penerapan Model Pengembangan Mutu Pendidikan (PM-PMP) DP2M Dikti
4. 2014 Pelatihan Metode Hypnoteaching bagi guru- guru di SMP Negeri di Kabupaten Bone PNBP
5. 2015 Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis PMRI PNBP
6. 2019 PELATIHAN DAN PEMBIMBINGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI GURU-GURU DI SMPN 5 PALLANGGA PNBP

E. Pengalaman Penulisan Artikel Ilmiah

No. Judul Artikel Ilmiah Volume/Nomor/Tahun Nama Jurnal
1. Gambaran Hasil Ujian Nasional dan Alternatif Solusinya di Kota Makassar ISSN : 1979-5017 Vol. 5, No. 1 Maret 2012 Wadah Komnikasi (Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran)
2. Proses Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Bertaraf Internasional. ISBN : No. 978-979-95093-8-3, 2012 Prosiding Seminar Nasional Sains V (di Institut Pertanian Bogor)
3. The Implementation of APIQ Creative Mathematics Game Method in the Subject Matter of Greatest Common Factor and Least Common Multiple in Elementary School Vol 1, 2018 Journal of Physics: Conference Series, 954, 2018, 1, 012011
4. The Profile of Creativity and Proposing Statistical Problem Quality Level Reviewed From Cognitive Style Vol 1, 2018 Journal of Physics: Conference Series, 954, 2018, 1, 012023
5. The Profile of Students’ Mathematical Problem Solving on the Topic of Two-Variable Linear Equation Systems Based on Thinking Styles Vol 1, 2018 Journal of Physics: Conference Series, Jilid 1028, Terbitan 1, Tahun2018, Halaman 012164, Penerbit IOP Publishing
6. PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 LUWU TIMUR Vol 1, 2019 Pedagogy: JurnalPendidikan Matematika, Jilid 4, Terbitan 1, Tahun 2019, Halaman 28-41
7. Pengaruh Metode Diskusi dengan Alat Peraga Papan Berpaku terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Vol 1, 2019 Journal of Issues in Mathematics Education (IMED), Jilid 3, Terbitan 1, Tahun 2019, Halaman 1-11
8. Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Vol 2, 2019 Journal of Issues in Mathematics Education (IMED), Jilid 2, Terbitan 2, Halaman 152-160
8. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa antara Penerapan Pendekatan Realistic Mathemtics Education dan Contextual Teaching And Learning. Vol 1, 2019 Journal of Issues in Mathematics Education (IMED), Jilid 2, Terbita 1, Tahun 2019, Halaman 49-54
10. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pemanfaatan Media Buku Tiga Dimensi. Vol 1, 2019 Journal of Issues in Mathematics Education (IMED), Jilid 1, Terbitan 1, Tahun 2019, Halaman 18-25
11. The Profile of Problem-solving in Algebra based on Solo Taxonomy in Terms of Cognitive Style 2018 Konferensi 1st International Conference on Advanced Multidisciplinary Research (ICAMR 2018)
12. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VB SDN BALANG BARU 1 KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR Vol 2, 2018 Jurnal Ilmiah Pena: Sains dan Ilmu Pendidikan, Jilid 1, Terbitan 2, Tahun 2018, Halaman 118-130
13. Hypnoteaching dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Siswa Pada Materi Respirasi. 2018 Hypnoteaching dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Siswa Pada Materi Respirasi.
14. Model Pembelajaran STTP bagi Mahasiswa dalam Penyusunan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis eXeLearning Vol 2, 2018 Jurnal MATEMATIKA DAN PEMBELAJARAN, Jilid 5, Terbitan 2, Halaman 112-120, Tahun 2018)
15. The Effectiveness of Mathematics Learning Pakages based on Bilingual Approach 2019 International Conference on Statistics, Mathematics, Teaching, and Research, Jilid 2, Terbitan 1
Translate »