Nasrullah, S.Pd., M.Pd.

A. Identitas Diri

  Nama Lengkap   Nasrullah, S.Pd., M.Pd.
  Kode Dosen   1147
  Tempat dan Tanggal Lahir   Kendari, 8 Mei 1983
  Email   nasrullah@unm.ac.id
  Bidang Keahlian   Pendidikan Matematika
  Google Scholar   Lihat Profil

B. Riwayat Pendidikan Tinggi

No. Tahun Lulus Jenjang Lokasi (Dalam / Luar Negeri) Nama Perguruan Tinggi Program Studi
1. 2005 S1 Dalam Negeri Universitas Negeri Makassar Pendidikan Matematika
2. 2009 S2 Dalam Negeri Universitas Negeri Makassar Pendidikan Matematika
3. 2011 S3 Dalam Negeri Universitas Sriwijaya Pendidikan Matematika

C. Pengalaman Penelitian Dalam 5 Tahun Terakhir

No. Tahun Judul Penelitian Sumber Pendanaan
1. 2015 Desain Program Pembelajaran Matematika Berbasis eXeLearning sebagai Modul Perencanaan Alternatif Bagi Calon Guru Matematika PNBP FMIPA UNM
2. 2016 Pengembangan Modul Pembelajaran Literasi Matematika-Bahasa Berbasis eXeLearning Bagi Siswa SMA PDP
3. 2016 Pengembangan Perangkat Asesmen Alternatif Setting Kooperatif (ASALSETKO) dalam Pembelajaran Matematika Bagi Siswa SMA Hibah Bersaing
4. 2016 Efektivitas Penerapan ICARE dengan Pendekatan Saintifik pada Siswa SMP Negeri 22 Makassar Hibah PNBP Pusat
5. 2016 Desain Model Pembelajaran Matematika Realistik Setting Kooperatif (MARESKO) Tipe NHT pada Materi Pokok Ruang Dimensi Tiga Hibah PNBP PPs UNM
6. 2017 Pengembangan Alat Peraga Virtual dalam Pembelajaran Literasi Matematika (APV LiMa) Bagi Siswa SMP PNBP FMIPA UNM
7. 2018 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Akrilik untuk Pembelajaran Literasi Matematika Bagi Siswa SMP PNBP FMIPA UNM
8. 2019 Pengembangan LKPD Berbasis Android dalam Pembelajaran Matematika Bagi Siswa SMP PNBP FMIPA UNM

D. Pengalaman Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam 5 Tahun Terakhir

No. Tahun Judul Pengabdian Masyarakat Sumber Pendanaan
1. 2015 IbM Pelatihan Desain Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Tradisional bagi Guru SD Di Kabupaten Takalar Dikti UNM
2. 2016 IbM Desain Modul Literasi Matematika Setting Pembelajaran Tematik Memanfaatkan Budaya Lokal bagi Guru SD di Daerah Pedesaan PNBP UNM
3. 2017 IbM Kelompok Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Negeri Makassar untuk Pelatihan Penyusunan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis eXeLearning PNBP UNM
4. 2018 PKM Alat Peraga Manipulatif untuk Pembelajaran Konsep Pecahan Bagi Guru Matematika Tingkat SMP PNBP UNM
5. 2019 PKM APM KONSEP PECAHAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BAGI GURU MATEMATIKA TINGKAT SMP PNBP UNM

E. Pengalaman Penulisan Artikel Ilmiah Dalam Jurnal 5 Tahun Terakhir

No. Judul Artikel Ilmiah Volume/Nomor/Tahun Nama Jurnal
1. Pengaruh Model PMK terhadap Disposisi Matematis dalam Pembelajaran Matematika Tingkat SMA Edisi Juni 2015 (Volume 6Nomor 1) Jurnal Kreano
2. Kontribusi Pendekatan 2PM terhadap Kemajuan Kemampuan
Menyelesaikan Masalah Matematika Siswa SMPN 3 Tanete Riaja
ISSN: 2460-1322 hal 903 – 911 Prosiding Seminar Nasional dengan Tema “Optimalisasi Hasil-hasil Penelitian dalam Menunjang Pembangunan Berkelanjutan
3. Using Circular Problem Posing to EncourageStudents’ in Solving Problems of Mathematics ISSN: 2460-1322 hal. 883 – 892 Prosiding Seminar Nasional dengan Tema “Optimalisasi Hasil-hasil Penelitian dalam Menunjang Pembangunan Berkelanjutan
4. Teachers’ Creativity In Posing Problems Of Mathematics Using Traditional Games As Learning Context ISBN: 978-602-9075-05-2 2015 Proceeding International Conference on Education and Technology
5. The Difference of Mathematical Disposition Based on Learning Models CPS and DT in Mathematics Learning for Secondary Graders ISBN: 978-602-9075-05-2 2015 Proceeding International Conference on Education and Technology
6. Semiotics Progress in Traditional Game-Based Number Learning for Primary School Students Printed ISSN: 0216-1370 Online ISSN: 2442-8620 Cakrawala Pendidikan Edisi Oktober 2015, TH. XXXIV, No. 3
7. Using Daily Problems to Measure MathLiteracy and Characterize Mathematical Abilities for Students in South Sulawesi ISBN: 978-602-72198-2-3 Prosiding Internasional ICMSCSME 2015
8. Applying SARAC Approach and The Effect in Learning Mathematics For Students Grade VIII ISBN: 979-604-171-5 Prosiding Internasional ICMSTEA 2016
9. Students’ Mathematical Connection Based On Levels of Mathematical Abilities: Qualitative Study in SLETV ISBN: 978-94-6252-403-3 Prosiding The 2nd International Conference on Education, Science, and Technology (ICEST)
10. Penggunaan Tarser Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Bilangan Bulat Tingkat SMP p-ISSN 2086-2334, e-ISSN 2442-4218 Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Translate »