Riset ini menaungi kajian dan pengembangan kurikulum serta strategi pembelajaran matematika yang adaptif terhadap dinamika kebutuhan global dan nasional. Fokus utamanya mencakup desain kurikulum, perangkat ajar, integrasi matematika sekolah dengan statistika dan ekonomi, serta analisis perbandingan kurikulum dalam konteks lokal dan internasional.
Kajian ini juga melibatkan evaluasi dan inovasi dalam pengajaran statistika pendidikan serta pengembangan pendekatan interdisipliner yang mendukung literasi numerik dan statistik siswa secara komprehensif.
Kajian ini fokus pada pengembangan kurikulum dan perangkat pembelajaran matematika yang kontekstual, inovatif, dan berbasis kompetensi. Tujuannya adalah menciptakan pembelajaran yang efektif melalui RPP, modul, LKS, dan media pembelajaran yang mendukung keterampilan abad 21 dan ketercapaian tujuan pendidikan matematika.
Riset ini membahas materi dan pendekatan pengajaran matematika yang diajarkan di sekolah dasar hingga menengah. Fokusnya mencakup penyusunan konten yang sesuai tingkat perkembangan kognitif siswa, peningkatan pemahaman konsep, serta penguatan koneksi antar topik matematika dalam kurikulum nasional dan implementasinya di kelas.
Kajian ini mengintegrasikan pendidikan matematika dengan konsep statistika dan ekonomi untuk membekali siswa dengan literasi numerik dan kemampuan analisis data. Fokusnya pada pembelajaran kontekstual dan aplikatif yang memfasilitasi pemahaman hubungan antara konsep matematika, data statistik, dan fenomena ekonomi dalam kehidupan nyata.
Topik ini mengeksplorasi pengajaran statistika di lingkungan pendidikan, mencakup pendekatan, strategi, dan media pembelajaran yang memudahkan pemahaman konsep statistik. Juga dikaji penggunaan statistika dalam evaluasi pendidikan dan penelitian tindakan kelas sebagai alat refleksi guru terhadap proses dan hasil belajar siswa.
Riset ini membahas materi dan pendekatan pengajaran matematika yang diajarkan di sekolah dasar hingga menengah. Fokusnya mencakup penyusunan konten yang sesuai tingkat perkembangan kognitif siswa, peningkatan pemahaman konsep, serta penguatan koneksi antar topik matematika dalam kurikulum nasional dan implementasinya di kelas.