Nama Lengkap | Dr. Fajar Arwadi, S.Pd., M.Sc. |
Kode Dosen | 1150 |
Tempat dan Tanggal Lahir | Ujung Pandang, 4 Oktober 1987 |
fajar.arwadi53@unm.ac.id | |
Bidang Keahlian | Pendidikan Matematika |
No. | Tahun Lulus | Jenjang | Lokasi (Dalam / Luar Negeri) | Nama Perguruan Tinggi | Program Studi |
---|---|---|---|---|---|
1. | 2009 | S1 | Dalam Negeri | Universitas Negeri Makassar | Pendidikan Matematika |
2. | 2012 | S2 | Dalam dan Luar Negeri | Universitas Sriwijaya (Unsri) – Utrecht University | Pendidikan Matematika |
3. | 2023 | S3 | Dalam Negeri | Universitas Negeri Makassar | Pendidikan Matematika |
No. | Tahun | Judul Penelitian | Sumber Pendanaan |
---|---|---|---|
1. | 2015 | Penerapan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Mahasiswa pada Topik Kombinatorika | PNBP PPs FMIPA |
2. | 2015 | Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Yang Menumbuhkan Kemampuan Efikasi Diri Mahasisw | DRPM |
3. | 2015 | Model Desain Instruksional yang Menumbuhkan Konflik Kognitif dan Kesadaran Intelektual : Studi pada Topik Kombinatorika | PNBP FMIPA |
4. | 2016 | Desain Pembelajaran Dengan Menggunakan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Keterampilan Peserta Didik Pada Topik Kombinatorika | DRPM |
5. | 2016 | Analisis Cluster Hierarki dan K-MEANS Untuk Pemetaan Wilayah Endemik Demam Berdarah Dengue di Kota Makassar | PNBP FMIPA UNM |
6. | 2017 | Penelusuran Kesalahan Mahasiswa dalam Membuktikan Proposisi Struktur Aljabar dengan Pemberian Scaffolding Metakognitif pada Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNM | PNBP FMIPA UNM |
7. | 2018 | Pengembangan Teknik Induksi Mata Terbuka (alert-hypnosis) pada Model Hypnoteaching dalam Pembelajaran Matematika | PNBP FMIPA UNM |
8. | 2019 | Pengembangan Program Monitoring Perkuliahan Berbasis Web di Jurusan Matematika FMIPA UNM | PNBP FMIPA UNM |
9. | 2019 | Pengembangan Instrumen untuk Mengukur Cognitive Skills Kompetensi Abad 21-Keterampilan Berpikir Komputasi pada Pelajaran Matematika | Puspendik Kemendikbud |
No. | Tahun | Judul Pengabdian Masyarakat | Sumber Pendanaan |
---|---|---|---|
1. | 2015 | Ibm Kelompok Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar untuk Komputasi dengan Perangkat Lunak Wolfram Alpha | PNBP FMIPA UNM |
2. | 2016 | Kelompok Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar untuk Memecahkan Masalah Matematika Menggunakan Algebrator | PNBP FMIPA UNM |
3. | 2017 | IbM Kelompok Mahasiswa Calon Guru Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam untuk Pemanfaatan Perangkat Lunak sebagai Sumber Belajar | PNBP UNM |
4. | 2017 | Kelompok Mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Negeri Makassar untuk Pelatihan Geogebra | PNBP FMIPA UNM |
5. | 2018 | PKM Kelompok Guru Mata Pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Kabupaten Kepulauan Selayar untuk Peningkatan Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) | PNBP UNM |
6. | 2018 | PKM tentang Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Kalkulator CASIO FX-991 ID PLUS | PNBP FMIPA UNM |
7. | 2019 | Kelompok Guru SMA Mata Pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Kecamatan Tinggimoncong Gowa untuk Pemanfaatan Perangkat Lunak sebagai Sumber Belajar | PNBP UNM |
8. | 2019 | PKM Kelompok Guru Matematika Kecamatan Tinggimoncong untuk Pelatihan Geogebra | PNBP FMIPA UNM |
9. | 2019 | Pemberdayaan dan Peningkatan Kemampuan Masyarakat Usia Sekolah Melalui Pendidikan Tambahan Berbasis Media Melalui KKN-PPM di Desa Lerang Kabupaten Pinrang | DRPM Dikti |
No. | Judul Artikel Ilmiah | Volume/Nomor/Tahun | Nama Jurnal |
---|---|---|---|
1. | Mengintegrasikan Konteks Kesetimbangan dan Model Garis Bilangan Untuk Menyelesaikan Soal Kontekstual Pada Topik Penjumlahan yang Melibatkan Bilangan Negatif | 978-602-19590-2-2 | Prosiding Konferensi Nasional Matematika XVI |
2. | Relation among Attitude toward Mathematics, Mathematics Self-Efficacy, and Mathematics Achievement | 979-604-171-5 | Prosiding International Conference on Statistics, Mathematics, Teaching, and Research (ICSMTR 2015) |