Nama Lengkap | Dr. Ilham Minggi, M.Si |
Kode Dosen | 1121 |
Tempat dan Tanggal Lahir | Balocci-Pangkep, 30 Maret 1965 |
ilham.minggi@unm.ac.id | |
Bidang Keahlian | Intuisi dan Bukti dalam Pembelajaran Matematika |
Google Scholar | Lihat Profil |
No. | Tahun Lulus | Jenjang | Lokasi (Dalam / Luar Negeri) | Nama Perguruan Tinggi | Program Studi |
---|---|---|---|---|---|
1. | 1989 | S1 | Dalam Negeri | IKIP Ujung Pandang (UNM) | Pendidikan Matematika |
2. | 2001 | S2 | Dalam Negeri | UGM Yogyakarta | Matematika |
3. | 2011 | S3 | Dalam Negeri | UNESA Surabaya | Pendidikan Matematika |
No. | Tahun | Judul Penelitian | Sumber Pendanaan |
---|---|---|---|
1. | 2017 | Pengembangan Kerangka Rancangan Pembelajaran Bukti Matematika Mahasiswa PPS Prodi Pendidikan Matematika UNM Makassar | Penelitian PNBP Pascasarjana UNM |
2. | 2018 | Pengembangan Desain Pembelajaran Bukti Matematika Berbasis Alur Belajar Dengan Memanfaatkan Intuisi Matematika Pada Perguruan Tinggi | Penelitian PNBP UNM |
3. | 2019 | Pengembangan Desain Pembelajaran Bukti Matematika Berbasis Alur Belajar Dengan Memanfaatkan Intuisi Matematika Pada Perguruan Tinggi | Penelitian PNBP UNM |
4. | 2019 | Pengembangan alur pembelajaran bukti matematika pada matakuliah analisis real lanjutan | Penelitian PNBP PPs UNM |
5. | 2020 | Karakteristik Intuisi Mahasiswa Dalam Memahami Konsep Limit Fungsi | Penelitian Tesis Magister |
6. | 2020 | Pengembangan Desain Pembelajaran Bukti Matematika Berbasis Alur Belajar Dengan Memanfaatkan Intuisi Matematika Pada Perguruan Tinggi | Penelitian PNBP UNM |
No. | Tahun | Judul Pengabdian Masyarakat | Sumber Pendanaan |
---|---|---|---|
1. | 2017 | IbM Penerapan Alat Peraga Mistar Hitung M2SB dalam Pembelajaran Matematika Operasi Bilangan Bulat pada Siswa SD Kabupaten Gowa | PPM PNBP |
2. | 2018 | PKM Penerapan Media Bangun Geometris Sederhana dalam Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Bulat Matematika SD | PPM PNBP |
No. | Judul Artikel Ilmiah | Volume/Nomor/Tahun | Nama Jurnal |
---|---|---|---|
1. | Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Makassar | Vol.2/No.1/Juni 2014 | Jurnal Matematika dan Pembelajaran |
2. | The Description of Mathematical Problem Solving on SPLDV Material Based on Students Personalities | Vol.2/No.1/Juni 2014 | Jurnal Matematika dan Pembelajaran |
3. | Peningkatan Kemampuan Investigasi Matematika melalui Pemberian Proyek Matematika pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Watampone | Vol.8/No.1/Mei 2015 | Jurnal Beta |
4. | Deskripsi Persepsi Tentang Statistika Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Berpikir Statistis (Statistical Thinking) pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS Terpadu Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar | Vol.3/No.1/Maret 2015 | Jurnal Daya Matematis |
5. | Komparasi Pemahaman Konsep Bangun Datar Siswa Antara yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Advance Organizer dengan Peta Konsep dan Model Pembelajaran yang Mengadopsi Teori Van Hiele pada Kelas VII SMPN 2 Sinjai Timur | Vol.V/No.1/Maret 2016 | Jurnal Sainsmat |
6. | Efektivitas Model Everyone is a Teacher Here (ETH) dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Komunikasi Matematika Siswa Kelas XI Description of Mathematical Problem Solving on SPLDV Material Based on Students Personalities | Vol.6/No.1/Jan-Juni 2018 | Jurnal Nalar Pendidikan |