Kelompok Belajar Dan Strategi Pembelajaran Matematika

Our Filed Description

Grup Penelitian Belajar dan Strategi Pembelajaran Matematika merupakan kelompok riset yang berfokus pada kajian tentang proses belajar siswa dalam matematika serta pengembangan strategi pembelajaran yang efektif dan inovatif. Grup ini meneliti aspek kognitif, afektif, dan pedagogis dalam pembelajaran matematika, termasuk penggunaan teknologi, pengembangan media pembelajaran, serta evaluasi dan asesmen.

Tujuannya adalah meningkatkan kualitas pembelajaran matematika, menghasilkan rekomendasi berbasis riset untuk guru dan pengambil kebijakan, serta mendukung peningkatan kompetensi guru dan calon guru melalui pelatihan, publikasi ilmiah, dan kegiatan pengabdian masyarakat.

Topik Riset

Strategi, Model, dan Desain Pembelajaran Matematika

Kajian ini membahas berbagai pendekatan sistematis dalam merancang dan mengimplementasikan pembelajaran matematika yang efektif. Fokus utamanya adalah integrasi strategi, model, dan desain pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep, keterlibatan siswa, serta pencapaian hasil belajar yang optimal di berbagai jenjang pendidikan.

Kecerdasan Majemuk dan Model Pembelajaran Matematika

Pendekatan ini mengaitkan teori kecerdasan majemuk Gardner dengan strategi pembelajaran matematika. Model pembelajaran disesuaikan untuk mengakomodasi berbagai tipe kecerdasan siswa agar proses belajar lebih personal, relevan, dan efektif, serta mampu menggali potensi siswa dalam memahami konsep matematika secara mendalam.

Metakognisi dalam Pembelajaran Matematika

Kajian ini menyoroti pentingnya kemampuan berpikir tentang berpikir dalam pembelajaran matematika. Strategi metakognitif membantu siswa merencanakan, memantau, dan mengevaluasi proses berpikir mereka sendiri, sehingga meningkatkan kemampuan problem solving dan kemandirian belajar dalam menyelesaikan soal-soal matematika.

Pembelajaran Matematika Berorientasi Kecakapan Abad 21

Topik ini membahas integrasi keterampilan abad 21 seperti berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan literasi teknologi dalam pembelajaran matematika. Tujuannya adalah menyiapkan siswa untuk menghadapi tantangan global dengan membekali mereka kompetensi yang relevan dan aplikatif melalui konteks matematika.

Pembelajaran/Pengajaran Matematika

Kajian ini mengeksplorasi pendekatan pedagogis dan didaktis dalam mengajarkan matematika secara efektif. Fokusnya meliputi perencanaan instruksional, interaksi guru-siswa, serta penerapan metode aktif dan kontekstual guna meningkatkan motivasi, pemahaman, dan hasil belajar siswa terhadap materi matematika.

Strategi Berpikir dan Mathematical Connection

Topik ini menyoroti pentingnya strategi berpikir tingkat tinggi dalam menjalin koneksi matematika antar konsep. Siswa dilatih mengenali keterkaitan ide matematika dengan konteks nyata atau lintas topik sehingga mampu membangun pemahaman konseptual yang dalam dan berpikir matematis secara terpadu

Scaffollding Metakognisi Pembelajaran Matematika

Kajian ini menekankan pemberian bantuan bertahap (scaffolding) dalam mengembangkan metakognisi siswa. Melalui strategi ini, guru membantu siswa mengelola proses berpikir mereka dalam menyelesaikan masalah matematika hingga akhirnya mampu mandiri dan percaya diri dalam pengambilan keputusan matematis.

Strategi Belajar AIR & Model RT

Strategi AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) dan model RT (Relating, Translating) merupakan pendekatan inovatif dalam pembelajaran matematika. Kajian ini menggali bagaimana kedua strategi dapat meningkatkan pemahaman konsep dengan melibatkan aspek pendengaran, pemikiran kritis, pengulangan, serta keterkaitan antara representasi verbal dan simbolik.

Translate »