PKM INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA SD BERBASIS TEKNOLOGI MENGGUNAKAN CANVA

Makassar, Sulawesi Selatan – Tim dosen Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan mengusung tema “Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Matematika SD Berbasis Teknologi Menggunakan Canva”. Kegiatan ini berlangsung pada 26 Juli 2025 di SDN Parang Tambung II Kota Makassar.

Pelatihan ini dipandu oleh tiga narasumber berkompeten, yaitu Prof. Wahidah Sanusi, S.Si., M.Si., Ph.D., Prof. Dr. Alimuddin, M.Si., dan Sahlan Sidjara, S.Si., M.Si.. Serta difasilitasi dengan mahasiswa dari Prodi Magister Matematika Program Pascasarjana UNM. Para pemateri menghadirkan materi yang menggabungkan keilmuan matematika, pedagogi, dan pemanfaatan teknologi digital untuk mendukung pembelajaran yang lebih kreatif dan interaktif.

Dalam pelatihan ini, guru-guru diberikan pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan Canva sebagai platform desain berbasis teknologi yang dapat digunakan untuk membuat berbagai media pembelajaran interaktif. Canva memungkinkan guru merancang lembar kerja, infografis, animasi, hingga presentasi visual yang menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Dengan begitu, matematika yang kerap dianggap sulit dapat disajikan secara lebih menyenangkan dan kontekstual.

Kegiatan berlangsung dalam bentuk workshop interaktif, di mana peserta tidak hanya menerima materi, tetapi juga langsung mempraktikkan pembuatan media pembelajaran menggunakan Canva. Guru-guru diarahkan untuk mengembangkan materi matematika yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar, sehingga hasil desain mereka dapat langsung diimplementasikan dalam proses belajar mengajar di kelas.

Antusiasme peserta terlihat dari keterlibatan aktif mereka dalam berdiskusi, bertanya, dan mencoba berbagai fitur Canva untuk membuat media pembelajaran inovatif. Banyak guru mengaku bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat, karena membuka wawasan baru tentang bagaimana teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas dalam mengajar matematika.

Melalui PKM ini, Tim PKM UNM berharap agar para guru SD semakin terampil dalam menggunakan teknologi digital sebagai bagian dari strategi pembelajaran. Tidak hanya meningkatkan kualitas pengajaran matematika, tetapi juga menumbuhkan minat belajar siswa melalui media yang lebih menarik, modern, dan interaktif.

Dengan demikian, kegiatan ini menjadi langkah nyata untuk mendukung transformasi pendidikan di era digital, sekaligus menjadikan guru-guru di Kota Makassar lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi, tanpa meninggalkan nilai-nilai pedagogis yang esensial.

Translate »