Sahid, S.Pd.,M.Pd.

A. Identitas Diri

  Nama Lengkap   Sahid, S.Pd.,M.Pd.
  Kode Dosen   1146
  Tempat dan Tanggal Lahir   Barru, 28 Pebruari 1983
  Email   sahid.ss181015@unm.ac.id
  Bidang Keahlian   Pendidikan Matematika

 

B. Riwayat Pendidikan Tinggi

No. Tahun Lulus Jenjang Lokasi (Dalam / Luar Negeri) Nama Perguruan Tinggi Program Studi
1. 2002-2006 S1 Dalam Negeri Universitas Negeri Makassar Pendidikan Matematika
2. 2007-2009 S2 Dalam Negeri Universitas Negeri Makassar Pendidikan Matematika

C. Pengalaman Penelitian

No. Tahun Judul Penelitian
1. 2011 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Setting Kooperatif di Kelas VII SMP Negeri 26 Makassar (Anggota)
2. 2012 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis PBI Dengan Pendekatan Open Ended Di Kelas VIII SMP Negeri 3 Tanete Riaja Kabupaten Barru(Anggota)
3. 2013 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual di Kelas VI SD (Ketua)
4. 2013 Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS yang Melibatkan Scaffolding (Suatu Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika) (Anggota)
5. 2013 Pengembangan Model Pembelajaran yang Menumbuhkan Kemampuan Problem Posing Siswa dalam Pembelajaran Matematika(Anggota)
6. 2014 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah di Kelas XI SMA (Anggota)
7. 2015 Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Memperhatikan Kemampuan Awal dan Gaya Kognitif (Anggota)
8. 2015 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dengan Scientific Approach yang Melibatkan Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika (Anggota) (Tahun I)
9. 2016 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dengan Scientific Approach yang Melibatkan Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika (Anggota) (Tahun II)
10. 2016 Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Soal terbuka untuk menumbuhkembangkan Kreativitas dan kemandirian mahasiswa Dalam belajar kalkulus (Anggota)
11. 2016 Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Program Linear Mahasiswa Jurusan Matematika (Ketua)
12. 2017 Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Terbuka dalam Pembelajaran Kalkulus
13. 2018 Pengaruh Kecedasan Emosional dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Kalkulus Mahasiswa Jurusan Kimia Ditinjau dari Jalur Masuk
14. 2019 Desain Pembelajaran Berbasis Masalah Terbuka untuk Menumbuhkan Kreativitas Mahasiswa

D. Pengalaman Pengabdian Kepada Masyarakat

No. Tahun Judul Pengabdian Masyarakat
1. 2010 Pelatihan Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis Model Pembelajaran Inovatif bagi Guru Matematika SMA Negeri 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru (Anggota)
2. 2011 Ibm Guru-guru SMA Negeri 1 Barru Kabupaten Barru (Ketua)
3. 2013 Analisis Penataan dan Pemerataan Guru di Sulawesi-Selatan (Anggota)
4. 2014 IbM Guru-guru SD pada KKG Wilayah II Kecamatan Barru Kabupaten Barru (Anggota)
5. 2015 IbM Guru-guru SD pada KKG Wilayah II Kecamatan Barru Kabupaten Barru (Anggota)
6. 2016 IbM Tentang Pelatihan Pembelajaran dengan Menggunakan Model Hypnoteaching di Kabupaten Luwu Utara
7. 2017 IbM Pelatihan Geogebra untuk Mahasiswa Jurusan Matematika
8. 2018 PKM Guru Sekolah di Kabupaten Bulukumba Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru
9. 2019 PKM Analisis Data Penelitian Menggunakan Perangkat Lunak Excel Sekolah Menengah Pertama di Kab.Takalar

E. Pengalaman Penulisan Artikel Ilmiah Dalam Jurnal

No. Judul Artikel Ilmiah Volume/Nomor/Tahun Nama Jurnal
1. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis PBI dengan Pendekatan Open-Ended Vol. 5/ No. 2/ Tahun 2012 Wadah Komunikasi
2. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS yang Melibatkan Scaffolding (Suatu Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika) Vol.7/ No. 3/ Tahun 2014 Wadah Komunikasi
3. Deskripsi Menyelesaikan Soal Program Linear Siswa Kelas XII Program IPA SMA Negeri 5 Makassar Vol.8/ No. 1/ Tahun 2015 Wadah Komunikasi
4. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI): Suatu Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Vol.8/ No. 2/ Tahun 2015 Wadah Komunikasi
5. Pembelajaran Berbasis Soal Terbuka untuk Menumbuhkembangkan Kreativitas dan Kemandirian Mahasiswa Vol.2/ No. 3/ Tahun 2017 Jurnal Ilmiah Persatuan Guru Republik Indonesia (JIPGRI)
Translate »