Nama Lengkap | Sahid, S.Pd.,M.Pd. |
Kode Dosen | 1146 |
Tempat dan Tanggal Lahir | Barru, 28 Pebruari 1983 |
sahid.ss181015@unm.ac.id | |
Bidang Keahlian | Pendidikan Matematika |
No. | Tahun Lulus | Jenjang | Lokasi (Dalam / Luar Negeri) | Nama Perguruan Tinggi | Program Studi |
---|---|---|---|---|---|
1. | 2002-2006 | S1 | Dalam Negeri | Universitas Negeri Makassar | Pendidikan Matematika |
2. | 2007-2009 | S2 | Dalam Negeri | Universitas Negeri Makassar | Pendidikan Matematika |
No. | Tahun | Judul Penelitian |
---|---|---|
1. | 2011 | Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Setting Kooperatif di Kelas VII SMP Negeri 26 Makassar (Anggota) |
2. | 2012 | Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis PBI Dengan Pendekatan Open Ended Di Kelas VIII SMP Negeri 3 Tanete Riaja Kabupaten Barru(Anggota) |
3. | 2013 | Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual di Kelas VI SD (Ketua) |
4. | 2013 | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS yang Melibatkan Scaffolding (Suatu Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika) (Anggota) |
5. | 2013 | Pengembangan Model Pembelajaran yang Menumbuhkan Kemampuan Problem Posing Siswa dalam Pembelajaran Matematika(Anggota) |
6. | 2014 | Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah di Kelas XI SMA (Anggota) |
7. | 2015 | Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Memperhatikan Kemampuan Awal dan Gaya Kognitif (Anggota) |
8. | 2015 | Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dengan Scientific Approach yang Melibatkan Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika (Anggota) (Tahun I) |
9. | 2016 | Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dengan Scientific Approach yang Melibatkan Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika (Anggota) (Tahun II) |
10. | 2016 | Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Soal terbuka untuk menumbuhkembangkan Kreativitas dan kemandirian mahasiswa Dalam belajar kalkulus (Anggota) |
11. | 2016 | Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Program Linear Mahasiswa Jurusan Matematika (Ketua) |
12. | 2017 | Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Terbuka dalam Pembelajaran Kalkulus |
13. | 2018 | Pengaruh Kecedasan Emosional dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Kalkulus Mahasiswa Jurusan Kimia Ditinjau dari Jalur Masuk |
14. | 2019 | Desain Pembelajaran Berbasis Masalah Terbuka untuk Menumbuhkan Kreativitas Mahasiswa |
No. | Tahun | Judul Pengabdian Masyarakat |
---|---|---|
1. | 2010 | Pelatihan Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis Model Pembelajaran Inovatif bagi Guru Matematika SMA Negeri 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru (Anggota) |
2. | 2011 | Ibm Guru-guru SMA Negeri 1 Barru Kabupaten Barru (Ketua) |
3. | 2013 | Analisis Penataan dan Pemerataan Guru di Sulawesi-Selatan (Anggota) |
4. | 2014 | IbM Guru-guru SD pada KKG Wilayah II Kecamatan Barru Kabupaten Barru (Anggota) |
5. | 2015 | IbM Guru-guru SD pada KKG Wilayah II Kecamatan Barru Kabupaten Barru (Anggota) |
6. | 2016 | IbM Tentang Pelatihan Pembelajaran dengan Menggunakan Model Hypnoteaching di Kabupaten Luwu Utara |
7. | 2017 | IbM Pelatihan Geogebra untuk Mahasiswa Jurusan Matematika |
8. | 2018 | PKM Guru Sekolah di Kabupaten Bulukumba Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru |
9. | 2019 | PKM Analisis Data Penelitian Menggunakan Perangkat Lunak Excel Sekolah Menengah Pertama di Kab.Takalar |
No. | Judul Artikel Ilmiah | Volume/Nomor/Tahun | Nama Jurnal |
---|---|---|---|
1. | Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis PBI dengan Pendekatan Open-Ended | Vol. 5/ No. 2/ Tahun 2012 | Wadah Komunikasi |
2. | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS yang Melibatkan Scaffolding (Suatu Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika) | Vol.7/ No. 3/ Tahun 2014 | Wadah Komunikasi |
3. | Deskripsi Menyelesaikan Soal Program Linear Siswa Kelas XII Program IPA SMA Negeri 5 Makassar | Vol.8/ No. 1/ Tahun 2015 | Wadah Komunikasi |
4. | Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI): Suatu Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD | Vol.8/ No. 2/ Tahun 2015 | Wadah Komunikasi |
5. | Pembelajaran Berbasis Soal Terbuka untuk Menumbuhkembangkan Kreativitas dan Kemandirian Mahasiswa | Vol.2/ No. 3/ Tahun 2017 | Jurnal Ilmiah Persatuan Guru Republik Indonesia (JIPGRI) |