Nama Lengkap | Prof. Dr. Usman Mulbar, M.Pd. |
Kode Dosen | 1116 |
Tempat dan Tanggal Lahir | Siyo Kec. Belawa, 18 Agustus 1963 |
u_mulbar@unm.ac.id | |
Bidang Keahlian | Pendidikan Matematika |
Google Scholar | Lihat Profil |
No. | Tahun Lulus | Jenjang | Lokasi (Dalam / Luar Negeri) | Nama Perguruan Tinggi | Program Studi |
---|---|---|---|---|---|
1. | 1986 | S-1 | Dalam Negeri | IKIP Ujung Pandang | Pendidikan Matematika |
2. | 1986 | S-2 | Dalam Negeri | IKIP Malang | Pendidikan Matematika |
3. | 2009 | S-3 | Dalam Negeri | UNESA – Surabaya | Pendidikan Matematika |
No. | Tahun | Judul Penelitian | Sumber Pendanaan |
---|---|---|---|
1. | 2015 | Pengembangan Model Pembelajaran Yang Memanfaatkan Sistem Sosial Masyarakat (Tahun III). (Ketua Peneliti). | DRPM |
2. | 2015 | Pengembangan Desain Pembelajaran Tematik Yang Meman-faatkan Sistem Sosial Masyarakat Pada Sekolah DasarNegeri Di Provinsi Sulawesi Selatan (Tahun I) (Anggota Peneliti). | DRPM |
3. | 2015 | Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Metakognisi Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Makassar (Ketua Peneliti) | PNBP UNM |
4. | 2015 | Dampak Gratis SPP di Provinsis Sulawesi Selatan (Ketua Peneliti) | Balitbanda Pemprov Sul-Sel |
5. | 2016 | Pengembangan Desain Pembelajaran Tematik Yang Memanfaat-kan Sistem Sosial Masyarakat Pada Sekolah DasarNegeri Di Provinsi Sulawesi Selatan (Tahun II) (Anggota Peneliti). | DRPM |
6. | 2016 | Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Realistik Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Di Kota Makassar (Tahun I). (Anggota Peneliti). | DRPM |
7. | 2016 | Pengembangan Konteks Matematika Berbasis Realistik Dalam Upaya Membangun Pemahaman Siswa Kelas 5 Sd Pada Konsep Kecepatan (Anggota Peneliti) | PNBP UNM |
8. | 2017 | Analisis Pemahaman Menyelesaikan Soal Pembuktian Teori Grup Menurut Teori Piere-Kieren Pada Mahasiswa PPs UNM (Anggota Peneliti) | PNBP UNM |
9. | 2017 | Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Realistik Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Di Kota Makassar (Tahun II) (Ketua Peneliti) | PNBP UNM |
10. | 2017 | Efektivitas Model Pembelajaran Kelas Terbalik pada Mahasiswa Jurusan Matematika di Universitas Negeri Makassar (Anggota Peneliti) | PNBP UNM |
11. | 2018 | Desain Pembelajaran Matematika Realistik yang Memanfaatkan Sistem Sosial Masyarakat untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan Siswa Sekolah Menegah Pertama di Provinsi Sulawesi Selatan (Ketua Peneliti) | PNBP UNM |
12. | 2018 | Model Angka Putus Sekolah Anak Usia Wajib Belajar Di Provinsi Sulawesi Selatan (Pendekatan Generalized Poisson Regression) (Anggota Peneliti) | PNBP UNM |
13. | 2018 | Pengembangan Desain Pembelajaran Bukti Matematika Berbasis Alur Belajar Dengan Memanfaatkan Intuisi Matematika Pada Perguruan Tinggi (Anggota Peneliti) | PNBP UNM |
14. | 2018 | Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Teori GAGNE dalam Pembelajaran Matematika Sekolah di Kota Makassar (Anggota Peneliti) | PNBP UNM |
15. | 2018 | Analisis Hubungan Penggunaan Alat IT (Handphone dan Laptop) dengan Kemampuan Spasial Matematika dan Prestasi Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi (Anggota Peneliti) | PNBP UNM |
16. | 2019 | Pengembangan Sistem Blended Learning Pada Mata Kuliah Umum Pada Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. (Anggota Peneliti). | DRPM |
17. | 2019 | Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Local Wisdom Mathematics Untuk Meningkatkan Problem Solving Ability Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Sulawesi Selatan. (Ketua Peneliti). | DRPM |
18. | 2019 | Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Gaya Kognitif Impulsif Dan Reflektif Siswa Sekolah Menengah Atas. (Ketua Peneliti). | DRPM |
19. | 2019 | Analisis Pengaruh Kemajuan Teknologi (Handphone Dan Laptop) Terhadap Kemampuan Spasial Matematika Dan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. (Ketua Peneliti). | DRPM |
20. | 2020 | Pengembangan Media Augmented Reality Dalam Pembelajaran Matematika Menghadapi Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. (Ketua Peneliti). | DRPM |
21. | 2020 | Analisis Dampak Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Komunikasi Matematika Dalam Pendidikan Era Revolusi Industri Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. | DRPM |
22. | 2020 | Pengembangan Sistem Blended Learning Pada Mata Kuliah Umum Pada Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Tahun II (Anggota Peneliti). | DRPM |
23. | 2020 | Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Literasi Untuk Menumbuhkembangkan Karakter Dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah Pertama. (Ketua Peneliti) | DRPM |
No. | Tahun | Judul Pengabdian Masyarakat | Sumber Pendanaan |
---|---|---|---|
1. | 2015 | ISI Desain Pembelajaran Tematik Yang Memanfaatkan Sistem Sosial Masyarakat Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar (SD) Negeri Di Kabupaten Gowa (Ketua) | DRPM |
2. | 2016 | Pelatihan Pembuatan Konteks Matematika Berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) | PNBP – UNM |
3. | 2017 | Program Pengembangan Mutu Literasi Tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Gowa untuk Mendorong Peningkatan Mutu Pendidikan (Ketua) | PNBP – UNM |
4. | 2017 | Pelatihan Pengembangan Penguasaan IT Bagi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Gowa untuk Meningkatkan Mutu dan Kualitas Pembelajaran (Anggota) | PNBP – UNM |
5. | 2018 | PKM Guru Sekolah di Kecamatan Tinggimoncong Pelatihan Pedagogik Content Knowledge (PCK) untuk Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran (Ketua) | PNBP – UNM |
6. | 2018 | PKM Pembelajaran Matematika Realistik untuk Guru Sekolah Dasar (Anggota) | PNBP – UNM |
7. | 2018 | PKM Guru Sekolah di Kecamatan Tinggimoncong Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru | PNBP – UNM |
8. | 2019 | PKM Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Gowa Pelatihan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Melaksanakan Pembelajaran | PNBP – UNM |
9. | 2019 | PKM Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Gowa Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Dalam Pembelajaran | PNBP – UNM |
10. | 2019 | PKM Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Gowa Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran | PNBP – UNM |
11. | 2019 | PKM Guru Sekolah Dasar Kabupaten Bulukumba Pelatihan Menyusun Konstruksi Soal-Soal Level Higher Order Thinking Skills (Hots) Untuk Meningkatkan Kualitas Alat Evaluasi | PNBP – UNM |
12. | 2020 | PKM Pelatihan Pembelajaran Matematika Realistik yang Terintegrasi Budaya dan Kearifan Lokal Masyarakat | PNBP – UNM |
13. | 2020 | PKM Pelatihan Guru Pembina Olimpiade Matematika dalam Mengembangkan Soal-Soal HOTS | PNBP – UNM |
No. | Judul Artikel Ilmiah | Nama Jurnal | Volume/Nomor/Tahun |
---|---|---|---|
1. | Penerapan Pendekatan Pembelajaran Poe (Predict-Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Xi IPA-1 Sman 22 Makassar | DAYA MATEMATIS: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika | Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika. Volume 3 No.1 Tahun 2015 |
2. | Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika dengan Memanfaatkan Sistem Sosial Masyarakat | Jurnal Cakrawala Pendidikan | Jurnal Ilmiah Pendidikan November 2015 Th. XXXV, No. 2 |
3. | Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa statistika FMIPA UNM angkatan 2015 berdasarkan taksonomi SOLO dan ditinjau dari gaya kognitif | Universitas Negeri Makassar | http://eprints.unm.ac.id/3612/ |
4. | Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Instad (Inquiry – Stad) Terhadap Motivasi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas Vii Smpn 5 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar | Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan | Jurnal Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan Oktober 2016 Tahun I |
5. | Deskripsi Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Dalam Mengerjakan Soal Proporsi | SAINSMAT | Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam September 2016 Halaman 219-228 Vol. V, No. 2 ISSN 2579-5686 (Onine) ISSN 2086-6755 (Cetak) http://ojs.unm.ac.id/index.php/sainsmat |
6. | Analysis Of The Ability In Mathematical Problem-Solving Based On SOLO Taxonomy And Cognitive Style | World Transactions on Engineering and Technology Education | vol: 15 | issue : 1 | 2017-01-01. |
7. | Comparison Of The Methods To Estimate Missing Values In Monthly Precipitation Data | International Journal on Advanced Science, Engineering and Infor-mation Technology | vol: 7 | issue : 6 | 2017-01-01 |
8. | Modeling Of Rainffal Characteristics For Monitoring Of The Extreme Rainffal Event In Makassar City | American Journal of Applied Sciences | Volume 14 Issue 4, pp 4576 – 461, April 2017. DOI: 10.3844/ajassp.2017456.461 |
9. | A SEIR model for transmission of tuberculosis | AIP Conference Proceedings | vol: 1830 | issue : | 2017-04-27 | Conference Proceedings |
10. | Penggunaan Dwibahasa (Bahasa Indonesia-Bahasa Konjo) Pada Pembelajaran Matematika | SAINSMAT: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam | Vol. 6 No. 1 Tahun 2017 |
11. | The Profile of Creativity and Proposing Statistical Problem Quality Level Reviewed from Cognitive Style | Journal of Physics: Conference Series | Vol: 954 | issue : 1 | 2018-02-22. |
12. | Pembuktian Pada Teori Grup Ditinjau Dari Gaya Kognitif DAN ADVERSITY QUOTIENT (Analysis Of Pps UNM Students’ Understanding Guided by Pirie-Kieren Theory In Solving Proving Problem In Group Theory Based On Cognitive Style and Adversity Quotient) | PPs Universitas Negeri Makassar | http://eprints.unm.ac.id/ |
13. | Efektivitas Model Everyone Is A Teacher Here (Eth) Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas Xi | Jurnal Nalar Pendidikan | Volume 6, Nomor 1, Jan-Jun 2018 |
14. | Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Pembelajaran Diferensiasi pada Peserta Didik Kelas VIII | Issues in Mathematics Education | Issues in Mathematics Education (hal. 1 – 6) Vol. 1. No. 1, Maret 2017 http://www.ojs.unm.ac.id/ |
15. | PerbandinganHasilBelajarMatematikaSiswaantaraPenerapanPendekatanRealisticMathemtics Educationdan Contextual Teaching And Learning. | PPs Universitas Negeri Makassar | http://eprints.unm.ac.id/11976/ |
16. | Deskripis Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Gaya Kognitif Implusif Dan Reflektif | PPs Universitas Negeri Makassar | http://eprints.unm.ac.id/11976/ |
17. | Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dan Kemampuan Awal Siswa | PPs Universitas Negeri Makassar | http://eprints.unm.ac.id/11976/ |
18. | The Influence Of Mastering Cellular Phone And Laptop Usage Of Spatial Ability Of Mathematics And Geometry Learning Achievement Of Undergraduate Students Of Mathematics Education Study Program In Universitas Negeri Makassar | PPs Universitas Negeri Makassar | http://eprints.unm.ac.id/11976/ |
19. | Deskripsi Kesulitan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient | Issues in Mathematics Education (hal. 22–29) | Vol. 3. No. 1, Maret2019 http://www.ojs.unm.ac.id/imed |
20. | Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa antara Penerapan Pendekatan Realistic Mathemtics Education dan Contextual Teaching And Learning | Issues in Mathematics Education (IMED) | https://ojs.unm.ac.id/imed/article/view/9481 |
21. | Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Pokok Pembahasan Distribusi Binomial | Issues in Mathematics Education (IMED) | https://ojs.unm.ac.id/imed/article/view/9481 |
22. | Description Of Mathematics Reasoning Ability In Solving Story Questions Based On Cognitive Styles And Initial Ability Of Students | Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika | https://ojs.unm.ac.id/JDM/article/view/8840 |
23. | The Development Of Metacognition-Based Learning Media For The Industrial Electronics Field In A Vocational High School | World Institute for Engineering and Technology Education (WIETE) | Vol: 15 | issue : 1 | 2017-01-01 | Journal |
24. | Analysis on instructional design instruments of metacognition based electronic industries expertise | Journal of Engineering and Applied Sciences | vol: 13 | issue : 11 | 2018-01-01. |
25. | Pengembangan Aplikasi Sistem Online Rekrutmen Mahasiswa Calon Guru Indonesia | Jurnal Inovtek Polbeng – Seri Informatika | Vol. 5; No. 1. Tahun 2020 ISSN : 2527-9866 |
26. | Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru dengan Pelatihan Pembelajaran Matematika Realistik | Dedikasi | Vol.22, No.1, April 2020 |