Prof. Dr. Suradi, M.S

A. Identitas Diri

  Nama Lengkap   Prof. Dr. Suradi, M.S
  Kode Dosen   1119
  Email   radita_unm@yahoo.com
  Bidang Keahlian   Pendidikan Matematika
  Google Scholar   Lihat Profil

B. Riwayat Pendidikan Tinggi

No. Tahun Lulus Jenjang Lokasi (Dalam / Luar Negeri) Nama Perguruan Tinggi Program Studi
1. 1988 Sarjana (S1) DALAM NEGERI IKIP Ujungpandang Pend. Mat.
2. 1992 Magister (S2) DALAM NEGERI ITB Bandung Matematika
3. 2005 Doktor (S3) DALAM NEGERI UNESA Surabaya Pend. Mat.

C. Pengalaman Penelitian

No. Tahun Judul Penelitian Sumber Pendanaan
1. 2000-2003 Pengembangan Model Pembelajaran MIPA Terpadu di Sekolah Dasar untuk Menumbuhkan dan Menata Penalaran Siswa Bernuansa IPTEKS DPPM Dikti
2. 2003 Memfasilitasi Aktivitas Siswa dalam Belajar Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif STAD (Suatu Alternatif Pembelajaran dengan Pendekatan Contextual Problem) DPPM Dikti
3. 2003 Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa untuk Menyelesaikan Soal-soal Pembuktian pada Mata Kuliah Struktur Aljabar melalui Pemanfaatan Peta Konsep Penelitian untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di LPTK/DPPM Dikti
4. 2003 Pengembangan Strategi Pembelajaran Struktur Aljabar dengan Memanfaatkan Peta Konsep. Teaching Grant SEMI-Q V/Jurusan Matematika UNM
5. 2004 Studi Eksplorasi Gaya Berpikir Siswa SMP Tipe Fi-Fd Dikaitkan Dengan Kemampuan Menyelesaikan Sistem Persamaan Linier Dua Variabe. PDM Dikti
6. 2004 Desain Paket Pembelajaran Struktur Aljabar untuk Memfasilitasi Aktivitas Mahasiswa dalam Proses Perkuliahan dengan Setting TPS Teaching Garant Semi- Que V
7. 2005 Studi Eksplorasi Kemampuan Awal Siswa SLTP berdasarkan Gaya Kognitif tipe FI-FD dikaitkan dengan Kompetensinya dalam Belajar Matematika PDM Dikti
8. 2005 Interaksi Siswa SMP dalam Belajar Matematika Secara Kooperatif Disertasi, PPs UNESA Surabaya,
9. 2005 Perubahan Paradigma Pembelajaran Matematika yang Teachers Oriented menjadi Student Oriented (suatu upaya utuk mendukung implementasi kurikulum Berbasis komptensi di SMP PDM Dikti
10. 2006-2007 Model Pembelajaran RESIK sebagai Strategi Mengubah Pradigma Pembelajaran Matematika di SMP yang Teachers Oriented menjadi Student Oriented Hibah Bersaing XII, DPPM Dikti
11. 2008 Pengaruh Pendidikan Anak Usia Dini terhadap Kemampuan Belajar Anak di Kelas Awal Sekolah Dasar Balitbangda, Sulsel
12. 2008 Studi Eksplorasi Keterlaksanaan Standar Proses Pendidikan PPs UNM pada Program Studi Pendidikan Matematika PNBP Lemlit UNM
13. 2009 Profil Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah Berdasarkan 8 Standar Nasional Pendidikan di Kabupaten Jeneponto DIPA UNM No, 0220/023-04.2/XXXIII/2009. Potensi Pendidikan di Kabupaten Kota
14. Januari 2014 Pengaruh Potensi Akademik dan Kemampuan Bahasa Inggris terhadap Prestasi Akademik melalui Kemampuan Awal Matematika Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas`Negeri Makassar PNBP PPs DIPA UNM No. 023.04.2.415222/2013
15. 2014 Eksplorasi Deskripsi Materi Matrikulasi Mata Kuliah Rumpun Aljabar Program Studi Pendidikan Matematika UNM Tahun Ajaran 2014/2015 ditinjau dari Asal PTN dan PTS. PNBP PPs DIPA UNM 2013
16. 2015 Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Memper-hatikan Kemampuan Awal dan Gaya Kognitif PNBP PPs DIPA UNM 2014
17. 2016 Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) yang Berfokus pada Isu Keadilan Sosial dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah yang Berlatar Sosial Ekonomi Rendah PNBP Program Pascasarjana
18. 2017 Implementasi Tanggung Jawab Sosial dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam Pembelajaran Matematika PNBP Program Pascasarjana
19. 2018 Pengembangan Three Tier Test untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas VII tentang Topik Matematika Semester Ganjil PNBP Program Pascasarjana
20. 2018 Pengembangan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Peta Konsep dalam Pembelajaran Struktur Aljabar PNBP Professor
21. 2019 Pengembangan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Peta Konsep dalam Pembelajaran Struktur Aljabar PNBP Professor
22. 2019 Efektivitas Penggunaan Video Online dalam Pembelajaran Kalkulus di Jurusan Matematika UNM. PNBP Program Pascasarjana
23. 2019 Pengembangan LKPD Berbasis Android dalam Pembelajaran Matematika Bagi Siswa SMP. PNBP FMIPA

D. Pengalaman Pengabdian Kepada Masyarakat

No. Tahun Judul Pengabdian Masyarakat Sumber Pendanaan
1. 2015 Pelatihan Penerapan Pembelajaran Berbasis Lingkungan dalam Pembelajaran Matematika bagi Guru-guru Matematika di Kabupaten Pengkep PNBP PPs UNM
2. 2016 Pelatihan Analisis Validasi Instrumen bagi Guru SMP dan SMA Alumni Jurusan Matematika FMIPA UNM Makassar PNBP PPs UNM
3. 2017 Pelatihan Olimpiade Matematika SD kepada Guru SD di Kota Makassar PNBP PPs UNM
4. 2018 Pelatihan Kepada Guru SD tentang Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Bulat dengan Pendekatan Realistik PNBP PPs UNM
5. 2019 PKM APM Konsep Pecahan dengan Pendekatan Matematika Realistik bagi Guru Matematika Tingkat SMP PNBP PPs UNM
6. 2019 Implementasi Model Kooperatif Pendekatan Realistik dalam Pembelajaran Pecahan di Sekolah Menengah Pertama PNBP FMIPA UNM

E. Pengalaman Penulisan Artikel Ilmiah Dalam Jurnal

No. Judul Artikel Ilmiah Volume/Nomor/Tahun Nama Jurnal
1. The Application of Realistic Mathematics Education Approach In Teaching Mathematics In Penfui Kupang Volume. 5/Number 1/2015
ISSN 2277-3169
Published by RIP Research India Publications
Journal International Journal of Education and Information Studies
2. The Application of Contextual Approach In Learning Mathematics to Improve Students Motivation at SMPN 1 Kupang Vol. 8/ No 8/2015
ISSN 1913-9020; E-ISSN 1913-9039
Published by Canadian Center of Science and Education
Journal International Education and Studies
3. What is the relationship between human resource practice and organizational citizenship behavior? Reflections on the literature and restaurant business perspectives Volume 13, Issue 1, 2015, Pages 93-103
ISSN 0972- 7302
Journal International Journal of Applaied Business and Economic Research
4. Partnership in developing tourism industry in Makassar Volume 13, Issue 4, 2015, Pages 1815-1830 Journal International Journal of Applaied Business and Economic Research
ISSN 0972-7302
5. Problem-based learning-buginese cultural knowledge model-case study: Teaching mathematics at junior high school Volume 8, Issue 4, 2015, Pages 104-110, 2015 Journal International Education Studies
ISSN 1913- 9020
6. Management services pilgrims hajj office at the ministry of religion Volume 12, Issue 3, 2015, Pages 685-690 Journal International Journal of Economic Research,
ISSN 0972-9380
7. The development of maritime english learning model using authentic assessment based bridge simulator in merchant marine polytechnic, Makassar. Volume 11, Issue 10, 2016, Article number ijese.2016.247, Pages 3231-3240 Journal International Journal of Environmental and Science Education,
ISSN 1306-3065
8. The effect of emotional intelligence, competence and interpersonal communication on the performance of senior high school teachers through achievement motivation in makassar, Indonesia Volume 44, Issue 2, 2016, Pages 176-183 Journal New Educational Review,
ISSN 1732-6729,
9. Role of local institutions “mapalus” as a basis of public service in the field of security and public order in minahasa, Indonesia Volume 11, Issue 13, 2016, Pages 3370-3374 Journal Social Sciences,
ISSN 1818-5800
10. The influence of the antecedent variable on the teachers’ performance through achievement motivation in senior high school Volume 11, Issue 12, 13 August 2016, Pages 5613-5618 Journal International Journal of Environmental and Science Education,
ISSN 1306-3065
11. The Functions of the Organizational Culture the Hospital Wahidins Sudirohusodos as a Public Organization Vol 8 No 2 MCSER Publishing, Rome-Italy March 2017 Mediterranean Journal of Social Sciences
ISSN 2039-2117 (online) ISSN 2039-9340 (print).
12. The Waste Management of Clothing Home Industries in Makassar City, Indonesia Poll Res. 36 (2): 205-211 (2017) Copyright © EM International ISSN 0257–8050.
13. Integrating Technology in English Language Teaching: Global Experiences and Lessons for Indonesia Vol. 8, No. 6; 2018 International Journal of English Linguistics
ISSN 1923-869X E-ISSN 1923-8703
Published by Canadian Center of Science and Education
14. Knowledge and Attitudes with Family Role in Prevention of Pulmonary Tuberculosis in Maros, Indonesia 2018 2nd International Conference on Statistics, Mathematics, Teaching, and Research IOP Publishing IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1028 (2018)
15. Implementation of Outdoor Learning Method in Environmental Learning at the College of Teacher Training and Education, South Sulawesi, Indonesia Volume 24, Issue 2, Ser. 3, 2019 Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS)
16. Recruitment and Palcement of Employee at the Secretariat of the Government in the Palu City, Central Sulawesi. 14(6): 242-246, 2019 The Social Sciences . ISSN: 1818- 5800. © Medwell Journal, 2019
Translate »