Prof. Dr. Ruslan, M. Pd.

A. Identitas Diri

  Nama Lengkap   Prof. Dr. Ruslan, M. Pd.
  Kode Dosen   1113
  Tempat dan Tanggal Lahir   Watampone, 12 Maret 1960
  Email   ruslan_math_unm@yahoo.com
  Bidang Keahlian   Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Matematika
  Google Scholar   Lihat Profil

B. Riwayat Pendidikan Tinggi

No. Tahun Lulus Jenjang Lokasi (Dalam / Luar Negeri) Nama Perguruan Tinggi Program Studi
1. 1984 Sarjana DALAM NEGERI IKIP UJUNG PANDANG Pendidikan Matematika
2. 1991 Magister DALAM NEGERI UNY Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
3. 2009 Doktor DALAM NEGERI UNJ Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

C. Pengalaman Penelitian Dalam 3 Tahun Terakhir (2016, 2017, 2018)

No. Tahun Judul Penelitian Sumber Pendanaan
1. 2018 Pengembangan Instrumen Pengukuran Konflik Kognitif dan Bentuk Scaffolding Dalam Pembelajaran PNBP PPs UNM
2. 2018 Pengembangan Model Pembelajaran Matematika untuk Menumbuhkan Karakter dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP DIPA UNM
3. 2017 Pengembangan Tes Diagnostik Hasil Belajar Geometri PNBP PPs UNM
4. 2016 Pengembangan Perangkat Assessmen Alternatif Setting Kooperatif (ASALSETKO) dalam Pembelajaran Matematika bagi Siswa SMA Hibah Bersaing
5. 2016 Desain Model Pembelajaran Matematika Realistik Setting Kooperatif (MARESKO) Tipe NHT pada Materi Pokok Ruang Dimensi Tiga PNBP PPs UNM

D. Pengalaman Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam 3 Tahun Terakhir (2016, 2017, 2018)

No. Tahun Judul Pengabdian Masyarakat Sumber Pendanaan
1. 2018 PKM Pengembangan dan Pelatihan Analisis Butir Soal PNBP PPs UNM
2. 2017 IbM Pelatihan Pengembangan Instrumen Penelitian dan Evaluasi PNBP PPs UNM
3. 2016 IbM Pelatihan Analisis Butir Tes dan Non Tes Menggunakan ITEMAN dan SPSS PNBP PPs UNM

E. Pengalaman Penulisan Artikel Ilmiah Dalam Jurnal 3 Tahun Terakhir (2016, 2017, 2018)

No. Judul Artikel Ilmiah Volume/Nomor/Tahun Nama Jurnal
1. The Implementation of APIQ Creative Mathematics Game Method in the Subject Matter of Greatest Common Factor and Least Common Multiple in Elementary School 954/1/2018 Journal of Physics: Conference Series
Translate »