Prof. Dr. Baso Intang Sappaile, M.Pd.

A. Identitas Diri

Nama Lengkap   Prof. Dr. Baso Intang Sappaile, M.Pd.
  Kode Dosen   1114
  Tempat dan Tanggal Lahir   Ujung Pandang, 12 Desember 1958
  Email   baso.sappaile@unm.ac.id; sappaileb@gmail.com
  ID Scopus   57196393460
  Bidang Keahlian   Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
  Google Scholar   Lihat Profil

B. Riwayat Pendidikan Tinggi

No. Tahun Lulus Jenjang Lokasi (Dalam / Luar Negeri) Nama Perguruan Tinggi Program Studi
1. 1982 Sarjana (S1) Dalam Negeri IKIP Ujung Pandang Pendidikan Matematika
2. 1996 Magister (S2) Dalam Negeri IKIP Malang Pendidikan Matematika
3. 2005 Doktor (S3) Dalam Negeri Universitas Negeri Jakarta Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

C. Pengalaman Penelitian

No. Tahun Judul Penelitian Sumber Pendanaan
1. 2002 Kinerja Polri Pasca Polri Mandiri”, Direktorat Penelitian dan Pengembangan Ilmu & Teknologi Kepolisian PTIK. Dit. Litbang Kepolisian PTIK
2. 2003 Efektivitas Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dengan Sistem Tilang. Dit. Litbang Kepolisian PTIK
3. 2004 Korelasi antara Kemiskinan dengan Konflik Sosial (Kasus Kalimantan Barat, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur). Rutin Depsos RI
4. 2005 Pengaruh Metode Mengajar dan Ragam Tes terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMU Negeri 1 Makassar. DP3M Ditjen Dikti Depdiknas
5. 2008 Menumbuhkan Sikap Peserta Didik dan Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Pemberian Tes Unit dengan Umpan Balik. STIP Kusuma Negara Jakarta
6. 2015 Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Mengoptimalkan Penggunaan Alat Peraga Matematika (Suatu Upaya Membangun dan
Mengembangkan Kreativitas)
UNM Makassar
7. 2016 Pengembangan Model Bahan Ajar Mata Kuliah
Desain Penelitian Eksperimen
UNM Makassar
8. 2017 Kepraktisan dan UjiModel Bahan Ajar Mata Kuliah Desain Penelitian Eksperimen Semu UNM Makassar
9. 2017 Peningkatan Kualitas Belajar dan Kemandirian Mahasiswa Melalui Penerapan Strategi Belajar Mapping dan Outlining UNM Makassar
10. 2017 Pengembangan Tes Diagnostik Hasil Belajar Geometri UNM Makassar
11. 2018 Integrasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe TSTS Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 8
Makassar
UNM Makassar
12. 2018 Pengaruh Motivasi Belajar dan Konsep Diri Mahasiswa Terhadap Pemahaman Asesmen Pembelajaran dan Kemampuan Pemecahan Masalah Prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNM Makassar UNM Makassar
13. 2018 Hasil Belajar Evaluasi Program Ditinjau Dari Kreativitas dan Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa S-2 PEP PPs UNM Makassar UNM Makassar
14. 2019 Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional Dengan Pendekatan Klasik dan Teori Respon Butir Mata Pelajaran Matematika UNM Makassar
15. 2019 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kewarganegaraan dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) UNM Makassar
16. 2020 Profil Pemecahan Masalah Hots Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa terhadap Matematika UNM Makassar

D. Pengalaman Pengabdian Kepada Masyarakat

No. Tahun Judul Pengabdian Masyarakat
1. 2006 Pelatihan dan Pendampingan Keluarga Miskin di Kelurahan Untiyah, Kecamatan Biringkanaya dan Kelurahan Pannampu, Kecamatan Tallo, Kota Makassar.
2. 2007 Pengenalan Komputer dan Cara Menjalankan Microsoft Word (Pelatihan Kepada Guru-Guru/ Tenaga Administrasi di SMPN di Kabupaten Gowa.
3. 2016 IbM Pelatihan Analisis Butir Tes dan Non Tes Menggunakan ITEMAN dan SPSS
4. 2016 Pelatihan Penyusunan Materi Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR)
5. 2017 Penyuluhan Pengajaran Geometri dan Pembuatan Alat Peraga Bagi Guru-Guru SD Bontonompo
6. 2018 Bimtek Pemanfaatan Geogebra dalam Pembelajaran Matematika Saintifik bagi Guru-Guru SMA Negeri 4 Bulukumba
7. 2019 FKM Penerapan Alat Peraga MEQIB dalam Pembelajaran Matematika SD

E. Pengalaman Penulisan Artikel Ilmiah Dalam Jurnal

No. Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/Nomor/Tahun
  Publikasi dalam Jurnal Internasional
1. Improving the Quality of Learning to Optimize the Use of Math Tools International Journal of Scientific Development and Research (IJSDR)www.ijsdr. org Vol.2Issue 10 (October 2017) Inpak Faktor 5.47
2. Utilization of Open Source Technology in
Determining of Validity and Reliability of Evaluation Model Instruments Based on Aneka Values in Order to Evaluate the Quality of Computer Learning
Journal of Theoretical and Applied Information Technology 31st October 2017. Vol.95. No. 20 (Pakistan)
3. The influence of problem-solving methods on students‟ mathematics learning outcomes Global Journal of Engineering Education Vol. 19.No. 3, 2017 (Australia)
4. An Evaluation of Instructional Process of Expert System Course Program by Using Mobile Technology- based CSE-UCLA Model International Journal of Interactive Mobile Technologies iJIM ‒ Vol. 11, No. 6, 2017 (Jerman)
5. Influence of Implementation of Academic Supervision by the School Supervisor, Interpersonal Communication, and Teacher Motivation on the Quality of Learning in Secondary High Schools in Regency of South Buton, Indonesia Journal of Educational Research and Review jerr.scienceweb@g mail.com Vol. 6, No.4.ISSN: 2384-7301 (London) 2018
6. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa SMP Negeri di Kota Rantepao Journal of Medives:Journal of Mathematics
Education IKIP Veteran Semarang https://doi.org/10.31331/medives
Volume 2,No. 2, 2018, pp. 253-266 e-ISSN:
2549-5070
7. GeoGebra Application Utilization in Computer-Based Interactive Instructional Media Development Oriented of Creative Problem Solving Model Journal of Engineering and Applied Sciences
Link: https://www.medwell DOI:10.3923/jeasci.2 URL:http://medwellj
Vol 14 (6) pp: 1933- 1942, ISSN : 1816- ISSN : 1818- © Medwell Journals, 2019
8. Development of A Metacognition Scale in Learning Mathematics for Senior High School Students Pertanika Journal of Social Science and Humanities DOI: https://doi.org/10.2 6858/jds.v7i1.8845 Vol. 27 (1) ISSN: 0128-7702 e-ISSN 2231-8534
© Universiti Putra Malaysia Press Published: 25 March 2019
    Publikasi dalam Jurnal Nasional Terakreditasi
1. Pengaruh Metode Mengajar dan Ragam Tes Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Sikap Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Tahun ke-11, No. 056 September 2005, hal. 668-692, ISSN 0215 2673
2.   Validitas dan Reliabilitas Tes yang Memuat Butir Dikotomi dan Politomi. Jurnal Ilmu Pendidikan (Parameter), Nomor 24, Tahun XXII Desember 2005, hal. 99-107, ISSN 0216-261X
3. Dimensi dan Reliabilitas suatu Instrumen dengan Menggunakan Rotasi Varimax pada Analisis Faktor Eksploratori. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Tahun ke-12, No. 060 Mei 2006, hal. 351-362, ISSN 0215-2673
4. Bimbingan Belajar Matematika Melalui Permainan Simulasi dalam Menumbuhkan Sikap Siswa terhadap Matematika. Jurnal FORUM Pendidikan, Volume 31, Nomor
02
Agustus 2006, hal. 181-190, ISSN 0126-1969
5. Pengaruh Metode Pemecahan Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, Volume: 13 No. 1 September 2006, hal. 61-68, ISSN 0852-0151
6. Pembobotan Butir Pernyataan dalam Bentuk Skala Likert dengan Pendekatan Distribusi Z. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Tahun ke-13, No. 064 Januari 2007, hal. 126-135, ISSN 0215-2673
7. Konsep Instrumen Penelitian Bidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Tahun ke-13, No. 066 Mei 2007, hal. 379-391, ISSN 0215-2673
8. Pengaruh Kemampuan Penalaran Formal terhadap Prestasi Belajar Matematika dengan Memperhatikan Tingkat Pendidikan Ayah Siswa. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan Volume: 13 Khusus Mei 2007, hal. 99-109, ISSN 0852-0151
9. Kualifikasi Akademik Guru Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Edisi Khusus I, Tahun ke-13 Agustus 2007, hal. 100-111, ISSN 0215-2673
10. Hubungan Kemampuan Penalaran dalam Matematika dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Tahun ke-13 No. 069, November 2007, hal. 985- 1003, ISSN 0215- 2673
11. The Effect of Learning Motivation and Self-
Concept on Mathematical Problems
Indonesian Journal of Educational Studies (IJES) 2019
    Publikasi dalam Jurnal Tidakterakreditasi
1. Sekilas tentang Fungsi Vektor di R2. Jurnal Eksponen Vol. 2, No.3, Juli 2000, hal. 208-
214, ISSN 1410-
5969
2. Hubungan Kemampuan Penalaran Formal dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Matematika Program S1 FMIPA UNM Makassar. Jurnal Eksponen Vol. 3, No.1, Januari 2001, hal.
11-15, ISSN 1410-5969
3. Pengajaran Konsep Pecahan Di Sekolah Dasar. Jurnal Eksponen Vol. 5, No.1, Januari 2005, hal. 19-34, ISSN 1410-5969
4. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pemberian Tugas dengan Umpan Balik. Inovasi (Majalah Ilmiah) Vol. 10, No. 1, Januari-
April 2005, hal. 61-76, ISSN 0853-7399
5. Optimalisasi Proses Belajar Mengajar Matematika di Kelas. Inovasi (Majalah Ilmiah) Vol. 10, No. 2, Mei-Agustus 2005, hal. 107-123, ISSN 0853-7399
6. Aplikasi Analisis Faktor dalam Penentuan Indikator Cara Belajar Matematika. Jurnal JMAP (Jurnal Matematika, Aplikasi dan Pembelajarannya) Vol. 5, No. 2,Agustus 2006,hal. 132-140,ISSN 1412-8632
7. Penanaman Konsep Bilangan Real Melalui Tugas Terstruktur. Jurnal Algoritma Vol. 1, No. 2,Desember 2006,
hal. 169-178, ISSN 1907-7882
8. Penanaman Konsep Volum Melalui Metode Demonstrasi. Inovasi (Majalah Ilmiah) Vol. 12,No. 1 Januari-
April 2007, hal.56-64, ISSN 0853-7399
9. Kompetensi Mengajar Minimal Bagi Guru Baru. Inovasi (Jurnal Kajian Pendidikan) Vol.12, No. 2 Mei-Agustus 2007, hal. 87-100, ISSN 0853-7399
10. Sekilas tentang Graph Algoritma (Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika) Vol.2 No.2 Desember 2007 hal. 119-131ISSN: 1907-7882
11. Kemampuan Penilik dalam Melaksanakan Tugas Pokok Ditinjau dari Keputusan MENPAN No. 15/KEP/MENPAN/ 2002. VISI Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal (PTK- PNF) Vol. 2, No. 1 2007, hal. 64-69, ISSN 1907-9176
12. Perbaikan Miskonsepsi Mahasiswa dalam Matakuliah Kalkulus Lanjut Melalui Pendekatan Tugas dan Tes Unit. Inovasi (Majalah Ilmiah) Vol. 13,No. 1 Januari-April 2008, hal.1-16, ISSN 0853-7399
13. Manajemen supervisi dalam Pemberdayaan Guru Inovasi (Majalah Ilmiah) Vol. 13, No. 2 Mei-Agustus 2008,halaman 153-172,ISSN 0853-7399
14. Konsep Penelitian Ex-post Facto Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1No. 2, Juli 2010,ISSN 2086-8235
15. Menumbuhkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 1, Januari 2012, hal.63-74, ISSN 2086-8235
16.   Pengaruh Umpan Balik Hasil Tes Formatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 1, Januari 2014, hal.29-38, ISSN 2086-8235
17. Pengaruh Model Pembelajaran dan Bentuk Tes terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 1, Januari 2015, hal.30-40, ISSN 2086-8235 (Anggota)
18. The Effect of Teaching Approach and Learning Motivation on Student Mathematics Learning Achievement ADRI International Multidisciplinary Conference and Call for Paper ADRI International Multidisciplinary Conference and Call for Paper ISBN: 978- 602-60736-0-0, 2017
19. Persamaan Fungsi Vektor dari Sebuah Grafik Tidak Tunggal Simposium Nasional MIPA 2017
20. Improving the Quality of Learning to Optimize the Use of Math Tools 2nd International Conference on Education, Science, and Technology (ICEST)
21. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa SMP Negeri di Kota Rantepao Journal of Medives : Journal of Mathematics
Education IKIP Veteran Semarang
Volume 2, No. 2, Thn 2018, pp. 253-266 e-ISSN: 2549- 5070 https://doi.org/10. 31331/medives.v2 i2.597
Translate »