Nama Lengkap | Prof. Dr. Baso Intang Sappaile, M.Pd. |
Kode Dosen | 1114 |
Tempat dan Tanggal Lahir | Ujung Pandang, 12 Desember 1958 |
baso.sappaile@unm.ac.id; sappaileb@gmail.com | |
ID Scopus | 57196393460 |
Bidang Keahlian | Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
Google Scholar | Lihat Profil |
No. | Tahun Lulus | Jenjang | Lokasi (Dalam / Luar Negeri) | Nama Perguruan Tinggi | Program Studi |
---|---|---|---|---|---|
1. | 1982 | Sarjana (S1) | Dalam Negeri | IKIP Ujung Pandang | Pendidikan Matematika |
2. | 1996 | Magister (S2) | Dalam Negeri | IKIP Malang | Pendidikan Matematika |
3. | 2005 | Doktor (S3) | Dalam Negeri | Universitas Negeri Jakarta | Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
No. | Tahun | Judul Penelitian | Sumber Pendanaan |
---|---|---|---|
1. | 2002 | Kinerja Polri Pasca Polri Mandiri”, Direktorat Penelitian dan Pengembangan Ilmu & Teknologi Kepolisian PTIK. | Dit. Litbang Kepolisian PTIK |
2. | 2003 | Efektivitas Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dengan Sistem Tilang. | Dit. Litbang Kepolisian PTIK |
3. | 2004 | Korelasi antara Kemiskinan dengan Konflik Sosial (Kasus Kalimantan Barat, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur). | Rutin Depsos RI |
4. | 2005 | Pengaruh Metode Mengajar dan Ragam Tes terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMU Negeri 1 Makassar. | DP3M Ditjen Dikti Depdiknas |
5. | 2008 | Menumbuhkan Sikap Peserta Didik dan Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Pemberian Tes Unit dengan Umpan Balik. | STIP Kusuma Negara Jakarta |
6. | 2015 | Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Mengoptimalkan Penggunaan Alat Peraga Matematika (Suatu Upaya Membangun dan Mengembangkan Kreativitas) |
UNM Makassar |
7. | 2016 | Pengembangan Model Bahan Ajar Mata Kuliah Desain Penelitian Eksperimen |
UNM Makassar |
8. | 2017 | Kepraktisan dan UjiModel Bahan Ajar Mata Kuliah Desain Penelitian Eksperimen Semu | UNM Makassar |
9. | 2017 | Peningkatan Kualitas Belajar dan Kemandirian Mahasiswa Melalui Penerapan Strategi Belajar Mapping dan Outlining | UNM Makassar |
10. | 2017 | Pengembangan Tes Diagnostik Hasil Belajar Geometri | UNM Makassar |
11. | 2018 | Integrasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe TSTS Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Makassar |
UNM Makassar |
12. | 2018 | Pengaruh Motivasi Belajar dan Konsep Diri Mahasiswa Terhadap Pemahaman Asesmen Pembelajaran dan Kemampuan Pemecahan Masalah Prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNM Makassar | UNM Makassar |
13. | 2018 | Hasil Belajar Evaluasi Program Ditinjau Dari Kreativitas dan Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa S-2 PEP PPs UNM Makassar | UNM Makassar |
14. | 2019 | Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional Dengan Pendekatan Klasik dan Teori Respon Butir Mata Pelajaran Matematika | UNM Makassar |
15. | 2019 | Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kewarganegaraan dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) | UNM Makassar |
16. | 2020 | Profil Pemecahan Masalah Hots Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa terhadap Matematika | UNM Makassar |
No. | Tahun | Judul Pengabdian Masyarakat |
---|---|---|
1. | 2006 | Pelatihan dan Pendampingan Keluarga Miskin di Kelurahan Untiyah, Kecamatan Biringkanaya dan Kelurahan Pannampu, Kecamatan Tallo, Kota Makassar. |
2. | 2007 | Pengenalan Komputer dan Cara Menjalankan Microsoft Word (Pelatihan Kepada Guru-Guru/ Tenaga Administrasi di SMPN di Kabupaten Gowa. |
3. | 2016 | IbM Pelatihan Analisis Butir Tes dan Non Tes Menggunakan ITEMAN dan SPSS |
4. | 2016 | Pelatihan Penyusunan Materi Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) |
5. | 2017 | Penyuluhan Pengajaran Geometri dan Pembuatan Alat Peraga Bagi Guru-Guru SD Bontonompo |
6. | 2018 | Bimtek Pemanfaatan Geogebra dalam Pembelajaran Matematika Saintifik bagi Guru-Guru SMA Negeri 4 Bulukumba |
7. | 2019 | FKM Penerapan Alat Peraga MEQIB dalam Pembelajaran Matematika SD |
No. | Judul Artikel Ilmiah | Nama Jurnal | Volume/Nomor/Tahun |
---|---|---|---|
Publikasi dalam Jurnal Internasional | |||
1. | Improving the Quality of Learning to Optimize the Use of Math Tools | International Journal of Scientific Development and Research (IJSDR)www.ijsdr. org | Vol.2Issue 10 (October 2017) Inpak Faktor 5.47 |
2. | Utilization of Open Source Technology in Determining of Validity and Reliability of Evaluation Model Instruments Based on Aneka Values in Order to Evaluate the Quality of Computer Learning |
Journal of Theoretical and Applied Information Technology | 31st October 2017. Vol.95. No. 20 (Pakistan) |
3. | The influence of problem-solving methods on students‟ mathematics learning outcomes | Global Journal of Engineering Education | Vol. 19.No. 3, 2017 (Australia) |
4. | An Evaluation of Instructional Process of Expert System Course Program by Using Mobile Technology- based CSE-UCLA Model | International Journal of Interactive Mobile Technologies | iJIM ‒ Vol. 11, No. 6, 2017 (Jerman) |
5. | Influence of Implementation of Academic Supervision by the School Supervisor, Interpersonal Communication, and Teacher Motivation on the Quality of Learning in Secondary High Schools in Regency of South Buton, Indonesia | Journal of Educational Research and Review jerr.scienceweb@g mail.com | Vol. 6, No.4.ISSN: 2384-7301 (London) 2018 |
6. | Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa SMP Negeri di Kota Rantepao | Journal of Medives:Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang https://doi.org/10.31331/medives |
Volume 2,No. 2, 2018, pp. 253-266 e-ISSN: 2549-5070 |
7. | GeoGebra Application Utilization in Computer-Based Interactive Instructional Media Development Oriented of Creative Problem Solving Model | Journal of Engineering and Applied Sciences Link: https://www.medwell DOI:10.3923/jeasci.2 URL:http://medwellj |
Vol 14 (6) pp: 1933- 1942, ISSN : 1816- ISSN : 1818- © Medwell Journals, 2019 |
8. | Development of A Metacognition Scale in Learning Mathematics for Senior High School Students | Pertanika Journal of Social Science and Humanities DOI: https://doi.org/10.2 6858/jds.v7i1.8845 | Vol. 27 (1) ISSN: 0128-7702 e-ISSN 2231-8534 © Universiti Putra Malaysia Press Published: 25 March 2019 |
Publikasi dalam Jurnal Nasional Terakreditasi | |||
1. | Pengaruh Metode Mengajar dan Ragam Tes Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Sikap Siswa. | Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Tahun ke-11, No. 056 | September 2005, hal. 668-692, ISSN 0215 2673 |
2. | Validitas dan Reliabilitas Tes yang Memuat Butir Dikotomi dan Politomi. | Jurnal Ilmu Pendidikan (Parameter), Nomor 24, Tahun XXII | Desember 2005, hal. 99-107, ISSN 0216-261X |
3. | Dimensi dan Reliabilitas suatu Instrumen dengan Menggunakan Rotasi Varimax pada Analisis Faktor Eksploratori. | Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Tahun ke-12, No. 060 | Mei 2006, hal. 351-362, ISSN 0215-2673 |
4. | Bimbingan Belajar Matematika Melalui Permainan Simulasi dalam Menumbuhkan Sikap Siswa terhadap Matematika. | Jurnal FORUM Pendidikan, Volume 31, Nomor 02 |
Agustus 2006, hal. 181-190, ISSN 0126-1969 |
5. | Pengaruh Metode Pemecahan Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika. | Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, Volume: 13 No. 1 | September 2006, hal. 61-68, ISSN 0852-0151 |
6. | Pembobotan Butir Pernyataan dalam Bentuk Skala Likert dengan Pendekatan Distribusi Z. | Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Tahun ke-13, No. 064 | Januari 2007, hal. 126-135, ISSN 0215-2673 |
7. | Konsep Instrumen Penelitian Bidang Pendidikan. | Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Tahun ke-13, No. 066 | Mei 2007, hal. 379-391, ISSN 0215-2673 |
8. | Pengaruh Kemampuan Penalaran Formal terhadap Prestasi Belajar Matematika dengan Memperhatikan Tingkat Pendidikan Ayah Siswa. | Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan | Volume: 13 Khusus Mei 2007, hal. 99-109, ISSN 0852-0151 |
9. | Kualifikasi Akademik Guru Pendidikan Dasar. | Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Edisi Khusus I, Tahun ke-13 | Agustus 2007, hal. 100-111, ISSN 0215-2673 |
10. | Hubungan Kemampuan Penalaran dalam Matematika dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika. | Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Tahun ke-13 | No. 069, November 2007, hal. 985- 1003, ISSN 0215- 2673 |
11. | The Effect of Learning Motivation and Self- Concept on Mathematical Problems |
Indonesian Journal of Educational Studies (IJES) | 2019 |
Publikasi dalam Jurnal Tidakterakreditasi | |||
1. | Sekilas tentang Fungsi Vektor di R2. | Jurnal Eksponen | Vol. 2, No.3, Juli 2000, hal. 208- 214, ISSN 1410- 5969 |
2. | Hubungan Kemampuan Penalaran Formal dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Matematika Program S1 FMIPA UNM Makassar. | Jurnal Eksponen | Vol. 3, No.1, Januari 2001, hal. 11-15, ISSN 1410-5969 |
3. | Pengajaran Konsep Pecahan Di Sekolah Dasar. | Jurnal Eksponen | Vol. 5, No.1, Januari 2005, hal. 19-34, ISSN 1410-5969 |
4. | Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pemberian Tugas dengan Umpan Balik. | Inovasi (Majalah Ilmiah) | Vol. 10, No. 1, Januari- April 2005, hal. 61-76, ISSN 0853-7399 |
5. | Optimalisasi Proses Belajar Mengajar Matematika di Kelas. | Inovasi (Majalah Ilmiah) | Vol. 10, No. 2, Mei-Agustus 2005, hal. 107-123, ISSN 0853-7399 |
6. | Aplikasi Analisis Faktor dalam Penentuan Indikator Cara Belajar Matematika. | Jurnal JMAP (Jurnal Matematika, Aplikasi dan Pembelajarannya) | Vol. 5, No. 2,Agustus 2006,hal. 132-140,ISSN 1412-8632 |
7. | Penanaman Konsep Bilangan Real Melalui Tugas Terstruktur. | Jurnal Algoritma | Vol. 1, No. 2,Desember 2006, hal. 169-178, ISSN 1907-7882 |
8. | Penanaman Konsep Volum Melalui Metode Demonstrasi. | Inovasi (Majalah Ilmiah) | Vol. 12,No. 1 Januari- April 2007, hal.56-64, ISSN 0853-7399 |
9. | Kompetensi Mengajar Minimal Bagi Guru Baru. | Inovasi (Jurnal Kajian Pendidikan) | Vol.12, No. 2 Mei-Agustus 2007, hal. 87-100, ISSN 0853-7399 |
10. | Sekilas tentang Graph | Algoritma (Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika) | Vol.2 No.2 Desember 2007 hal. 119-131ISSN: 1907-7882 |
11. | Kemampuan Penilik dalam Melaksanakan Tugas Pokok Ditinjau dari Keputusan MENPAN No. 15/KEP/MENPAN/ 2002. | VISI Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal (PTK- PNF) | Vol. 2, No. 1 2007, hal. 64-69, ISSN 1907-9176 |
12. | Perbaikan Miskonsepsi Mahasiswa dalam Matakuliah Kalkulus Lanjut Melalui Pendekatan Tugas dan Tes Unit. | Inovasi (Majalah Ilmiah) | Vol. 13,No. 1 Januari-April 2008, hal.1-16, ISSN 0853-7399 |
13. | Manajemen supervisi dalam Pemberdayaan Guru | Inovasi (Majalah Ilmiah) | Vol. 13, No. 2 Mei-Agustus 2008,halaman 153-172,ISSN 0853-7399 |
14. | Konsep Penelitian Ex-post Facto | Jurnal Pendidikan Matematika | Vol. 1No. 2, Juli 2010,ISSN 2086-8235 |
15. | Menumbuhkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar | Jurnal Pendidikan Matematika | Vol. 3 No. 1, Januari 2012, hal.63-74, ISSN 2086-8235 |
16. | Pengaruh Umpan Balik Hasil Tes Formatif Terhadap Hasil Belajar Matematika | Jurnal Pendidikan Matematika | Vol. 5 No. 1, Januari 2014, hal.29-38, ISSN 2086-8235 |
17. | Pengaruh Model Pembelajaran dan Bentuk Tes terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa | Jurnal Pendidikan Matematika | Vol. 6 No. 1, Januari 2015, hal.30-40, ISSN 2086-8235 (Anggota) |
18. | The Effect of Teaching Approach and Learning Motivation on Student Mathematics Learning Achievement | ADRI International Multidisciplinary Conference and Call for Paper | ADRI International Multidisciplinary Conference and Call for Paper ISBN: 978- 602-60736-0-0, 2017 |
19. | Persamaan Fungsi Vektor dari Sebuah Grafik Tidak Tunggal | Simposium Nasional MIPA 2017 | |
20. | Improving the Quality of Learning to Optimize the Use of Math Tools | 2nd International Conference on Education, Science, and Technology (ICEST) | |
21. | Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa SMP Negeri di Kota Rantepao | Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang |
Volume 2, No. 2, Thn 2018, pp. 253-266 e-ISSN: 2549- 5070 https://doi.org/10. 31331/medives.v2 i2.597 |